RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP NEGERI 2 SEKADAU HILIR
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII / 2
|
Standar Kompetensi
|
:
|
9. Menerapkan hukum bacaan
nun mati/tanwin dan mim mati
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
9.1. Menjelaskan hukum
bacaan nun mati/tanwin dan mim mati
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat menguasai konsep mengenai hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi
Pembelajaran
- Pengertian nun mati/tanwin
- Pengertian mim mati
- Pembagian hukum bacaan nun mati/tanwin
- Pembagian hukum bacaan mim mati
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Guru bertanya mengenai ilmu tajwid.
- Guru memotivasi siswa mengenai keutamaan belajar ilmu tajwid dan manfaatnya.
- Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al-Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi .
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
·
Guru menjelaskan
ketentuan-ketentuan bacaan nun mati/tanwin.
·
Guru memberi
penjelasan singkat mengenai pengertian nun
mati/tanwin serta pembagiannya.
2). Elaborasi
·
Siswa mencari,
menemukan, dan mengklasifikasikan huruf-huruf izhar,
idgham bighunnah, idgham bilaghunnah, ikhfa’, dan iqlab.
·
Siswa berdiskusi
dan mengidentifikasi lafaz yang mengandung bacaan izhar,
idgham bighunnah, idgham bilaghunnah, ikhfa’, dan iqlab.
·
Guru menjelaskan
ketentuan-ketentuan bacaan mim mati.
·
Guru memberi
penjelasan singkat mengenai pengertian mim mati serta
pembagiannya.
·
Siswa mencari,
menemukan, dan mengklasifikasikan huruf-huruf izhar
syafawi, ikhfa’ syafawi, dan idgham mimi.
·
Siswa berdiskusi
dan mengidentifikasi lafaz yang mengandung bacaan izhar
syafawi, ikhfa’ syafawi, dan idgham mimi.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan
Penutup
- bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
- melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
- memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
- merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
- menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Sumber
Belajar
·
Buku Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP,
·
LKS MGMP PAI
·
Mushaf Al-Qur’an
·
VCD pembelajaran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§
Menjelaskan
pengertian nun mati/tanwin.
§
Menjelaskan
pengertian mim mati.
§
Menyebutkan
contoh-contoh bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
§
jelaskan
pengertian nun mati/tanwin.
§
jelaskan
pengertian mim mati.
§
Sebutkan
contoh-contoh bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.
§
Buatlah skema
pembagian hukum bacaan nun mati/tanwin!
§
Sebutkan
huruf-huruf izhar!
§
Sebutkan
huruf-huruf idgham bighunnah dan bilaghunnah!
§
Sebutkan
huruf-huruf ikhfa’!
§
Sebutkan huruf
iqlab!
§
Buatlah skema
pembagian hukum bacaan mim mati!
§
Sebutkan
huruf-huruf izhar syafawi!
§
Sebutkan
huruf-huruf ikhfa’ suafawi!
§
Sebutkan huruf
idgham mimi!
§
Apakah
perbedaan izhar khalqi dengan izhar syafawi?
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
________________ ___________________
NIP NIP
Saran Kepala
Sekolah:
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII / 2
|
Standar Kompetensi
|
:
|
9. Menerapkan hukum bacaan
nun mati/tanwin dan mim mati
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
9.2. Membedakan hukum
bacaan nun mati/tanwin dan mim mati
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat membedakan hukum bacaan nun mati/tanwin berupa bacaan idzhar, idgham bighunnah, idgham bila ghunnah, ikfa’, dan iqlab; serta dapat membedakan hukum bacaan mim mati berupa idzhar syafawi, ikhfa syafawi, dan idgham mimi.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi
Pembelajaran
- Perbedaan bacaan izdhar, idgham bighunnah, idgham bila ghunnah, ikfa’, dan iqlab.
- Perbedaan bacaan idzhar syafawi, ikhfa syafawi, dan idgham mimi.
Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al-Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi .
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
·
Guru memaparkan
contoh-contoh lafaz yang mengandung izdhar, idgham
bighunnah, idgham bila ghunnah, ikfa’, dan iqlab.
·
Siswa mencari,
menemukan, dan mengklasifikasikan contoh-contoh izdhar,
idgham bighunnah, idgham bila ghunnah, ikfa’, dan iqlab bersama kelompoknya masing-masing.
·
Guru
mendemonstrasikan cara membaca lafaz yang nengandung bacaan izdhar, idgham bighunnah, idgham bila ghunnah, ikfa’, dan
iqlab, siswa menyimak dan menemukan perbedaannya.
2). Elaborasi
·
Siswa menemukan
dan mengemukakan perbedaan bacaan izdhar, idgham
bighunnah, idgham bila ghunnah, ikfa’, dan iqlab.
·
Guru memaparkan
contoh-contoh lafaz yang mengandung idzhar syafawi,
ikhfa syafawi, dan idgham mimi.
·
Siswa mencari,
menemukan, dan mengklasifikasikan contoh-contoh idzhar
syafawi, ikhfa syafawi, dan idgham mimi bersama kelompoknya masing-masing.
·
Guru
mendemonstrasikan cara membaca lafaz yang nengandung bacaan idzhar syafawi, ikhfa syafawi, dan idgham mimi,
siswa menyimak dan menemukan perbedaannya.
·
Siswa menemukan
dan mengemukakan perbedaan bacaan idzhar syafawi,
ikhfa syafawi, dan idgham mimi.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan
Penutup
·
Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar mengajar hari ini.
Bermanfaat atau tidak? Menyenangkan atau tidak?
·
bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
·
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
·
memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
·
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
·
menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
·
Guru memberi
tugas agar siswa mengerjakan LKS di rumah
Sumber
Belajar
·
Buku Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP,
·
LKS MGMP PAI
·
Mushaf Al-Qur’an
·
VCD pembelajaran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§
Menjelaskan
macam-macam hukum bacaan nun mati/tanwin.
§
Menjelaskan
macam-macam hukum bacaan mim mati.
§
Menjelaskan
perbedaan antara hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
§
jelaskan macam-macam
hukum bacaan nun mati/tanwin.
§
Jelaskan
macam-macam hukum bacaan mim mati.
§
Jelaskan
perbedaan antara hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.
§
Lafaz مِنْهُمَا mengandung bacaan
§
Lafaz فَأَنْبَتَ mengandung bacaan
§
Ayat صِرَاطَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ mengandung bacaan
§
Ayat وَاللهُ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ mengandung bacaan
§
Lafaz أَمْوَالَهُمْ mengandung bacaan
§
Lafaz عَلَيْكُمْ بِمَا
mengandung bacaan
§
Ayat إِنْ كُنْتُمْ مُوقِنِينَ mengandung bacaan
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
________________ ___________________
NIP NIP
Saran Kepala
Sekolah:
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII / 2
|
Standar Kompetensi
|
:
|
9. Menerapkan hukum bacaan
nun mati/tanwin dan mim mati
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
9.3. Menerapkan hukum
bacaan nun mati/tanwin dan mim mati dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan
benar.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 X
40 menit ( 2 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat mepraktekkan bacaan nun mati/tanwin dan mim mati dalam ayat-ayat pilihan dengan benar.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi
Pembelajaran
- Bacaan nun mati/tanwin dalam ayat-ayat pilihan
- Bacaan mim mati dalam ayat-ayat pilihan
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama dan Kedua
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al-Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi .
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
·
Guru menyajikan
ayat-ayat pilihan (surat al Ghasiyah atau surat lain) yang banyak mengandung
bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.
2). Elaborasi
·
Siswa berlatih
membaca ayat-ayat tersebut dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan .
·
Guru bertindak
sebagai fasilitator.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan
Penutup
- Guru bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
- Guru melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
- Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
- Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
- Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Sumber
Belajar
·
Buku Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP,
·
LKS MGMP PAI
·
Mushaf Al-Qur’an
·
VCD pembelajaran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Mencari hukum bacaan nun mati/tanwin dalam QS.
al-Qadar.
§ Membaca ayat-ayat dalam QS. al-Qadar yang mengandung
bacaan nun mati/tanwin dengan benar.
§ Mencari hukum bacaan mim mati dalam QS. al-Fil.
§ Membaca ayat-ayat dalam QS. al-Fil yang mengandung
bacaan mim mati dengan benar.
|
Tes unjuk kerja
|
Tes identifikasi
|
§ Carikanlah hukum bacaan nun mati/tanwin dalam QS.
al-Qadar.
§ Carikanlah hukum bacaan mim mati dalam QS. al-Fil
§
Bacalah ayat berikut ini dengan memperhatikan hukum bacaan nun
mati/tanwin dan mim mati!
هَلْ أَتَاكَ حَدِيْثُ الْغَاشِيَةِ (۱) وُجُوْهٌ يَّوْمَئِذٍ
خَاشِعَةٌ (٢) عَامِلَةٌ نَاصِبَةٌ (٣) تَصْلى نَارًا حَامِيَةً (٤) تُسْقى مِنْ عَيْنٍ انِيَةٍ (٥) لَيْسَ لَهُمْ طَعَامٌ
إِلاَّ مِنْ ضَرِيْعٍ
(٦) لاَ يُسْمِنُ وَلاَ
يُغْنِيْ مِنْ جُوْعٍ
(٧) وُجُوْهٌ يَوْمَئِذٍ
نَاعِمَةٌ (٨)
|
Rubrik/pedoman
penilaian:
Aspek yg dinilai
|
Indikator kemampuan
|
Nilai
|
· Kelancaran
· Bacaan Nun mati/tanwin dan Mim mati
· Makhraj
|
·
Membaca dengan lancar
·
Tidak melakukan kesalahan bacaan Nun mati/tanwin dan Mim mati serta
makhrajnya
|
100
|
·
Membaca dengan lancar
·
Melakukan 1-2 kesalahan bacaan Nun mati/tanwin dan Mim mati serta
makhrajnya
|
90
|
|
·
Melakukan 3-4 kesalahan bacaan Nun mati/tanwin dan Mim mati serta
makhrajnya
|
80
|
|
·
Melakukan 5-6 kesalahan bacaan Nun mati/tanwin dan Mim mati serta
makhrajnya
|
70
|
|
·
Melakukan 7-8 kesalahan bacaan Nun mati/tanwin dan Mim mati serta
makhrajnya
|
60
|
|
·
Melakukan lebih dari 8
kesalahan bacaan Nun mati/tanwin dan Mim mati serta makhrajnya
|
50
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
________________ ___________________
NIP NIP
Saran Kepala
Sekolah:
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII / 2
|
Standar Kompetensi
|
:
|
10. Meningkatkan keimanan
kepada Malaikat
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
10.1. Menjelaskan arti
beriman kepada Malaikat
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat menjelaskan pengertian iman kepada malaikat, sifat-sifatnya, membaca dalil naqli tentang keberadaan dan sifat-sifatnya, serta menjelaskan perbedaan sifat malaikat dengan makhluk ghaib lainnya.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely
)
Materi
Pembelajaran
- Pengertian iman kepada malaikat
- Sifat-sifat malaikat
- Dalil naqli tentang keberadaan dan sifat-sifat malaikat
- Perbedaan sifat malaikat dengan makhluk ghaib lainnya
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya memahami keberadaan malaikat.
- Guru membagi siswa menjadi kelompok-kelompok kecil (small group)
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan pengertian iman kepada malaikat serta menjelaskan sifat-sifatnya.
2). Elaborasi
- Siswa menelaah perbedaan malaikat dengan makhluk gaib lainnya.
- Siswa berlatih membaca dalil naqli tentang malaikat dengan metode .
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan
Penutup
¨
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
¨
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
¨
memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
¨
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
¨
menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Sumber
Belajar
·
Buku Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP,
·
LKS MGMP PAI.
·
Mushaf Al-Qur’an
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Menjelaskan pengertian malaikat Allah.
§ Menyebutkan dalil naqli dan aqli tentang malaikat
Allah.
§ Menjelaskan perbedaan malaikat, jin, syetan, dan
iblis.
§ Menjelaskan arti beriman kepada malaikat Allah.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
§ Jelaskan pengertian malaikat Allah.
§ Sebutkan dalil naqli dan aqli tentang malaikat Allah.
§ Jelaskan perbedaan malaikat, jin, syetan, dan iblis.
§ Jelaskan arti beriman kepada malaikat Allah.
§ Jelaskan pengertian iman kepada malaikat!
§ Sebutkan sifat-sifat malaikat!
§ Jelaskan perbedaan malaikat dengan makhluk gaib
lainya!
§ Bolehkah manusia menyembah malaikat?
§ Di mana tempat malaikat?
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
________________ ___________________
NIP NIP
Saran Kepala
Sekolah:
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII / 2
|
Standar Kompetensi
|
:
|
10. Meningkatkan keimanan
kepada Malaikat
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
10.2. Menjelaskan
tugas-tugas Malaikat
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat menjelaskan tugas para malaikat, persamaan tugasnya dengan manusia, dan menyebutkan nama-nama 10 malaikat beserta tugas khususnya.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely
)
Materi
Pembelajaran
- Menjelaskan tugas para malaikat secara umum
- Menjelaskan persamaan tugas manusia dengan malaikat
- Menyebutkan nama-nama malaikat beserta tugas khususnya
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru membagi siswa menjadi kelompok-kelompok kecil (small group)
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan tugas-tugas malaikat.
2). Elaborasi
- Siswa menelaah persamaan tugas malaikat dengan manusia.
- Siswa mempelajari nama-nama malaikat beserta tugas khususnya masing-masing.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan
Penutup
- Guru bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
- Guru melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
- Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
- Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
- Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Sumber
Belajar
·
Buku Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP,
·
LKS MGMP PAI
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Menjelaskan jumlah dan nama-nama malaikat Allah.
§ Menjelaskan tugas-tugas malaikat Allah.
§ Menjelaskan keterkaitan tugas malaikat Allah dengan
perbuatan manusia.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
§ Jelaskan maksud Allah menciptakan para malaikat!
§ Apakah persdamaan tugas manusia dengan malaikat?
§ Apakah tugas malaikat Jibril?
§ Setelah Allah tidak mengutus para rasul, apakah
tugas malaikat Jibril selanjutnya?
§ Apakah tugas malaikat Mikail?
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
________________ ___________________
NIP NIP
Saran Kepala
Sekolah:
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII / 2
|
Standar Kompetensi
|
:
|
11. Membiasakan perilaku
terpuji
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
11.1. Menjelaskan
pengertian kerja keras, tekun, ulet dan teliti
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat menjelaskan pengertian kerja keras, tekun, ulet dan teliti, membaca dan mengartikan dalil naqlinya, serta menjelaskan fungsinya dalam kehidupan.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Teliti ( Carefully
)
Kerjakeras ( Bravery
)
Materi Pembelajaran
- Pengertian kerja keras, tekun, ulet dan teliti
- Dalil naqli tentang kerja keras, tekun, ulet dan teliti
- Fungsi kerja keras, tekun, ulet dan teliti dalam kehidupan
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya berakhlak mulia.
- Guru membagi siswa menjadi kelompok-kelompok kecil (small group)
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan pengertian kerja keras, tekun, ulet dan teliti.
2). Elaborasi
- Siswa menelaah lebih dalam mengenai kerja keras, tekun, ulet dan teliti.
- Siswa berlatih membaca dalil naqli tentang kerja keras, tekun, ulet dan teliti dengan metode .
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan
Penutup
- Guru bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
- Guru melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
- Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
- Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
- Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Sumber
Belajar
·
Buku Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP,
·
LKS MGMP PAI
·
Mushaf Al-Qur’an
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Menjelaskan arti kerja keras dan menunjukkan
dalilnya.
§ Menjelaskan arti tekun dan menunjukkan dalilnya.
§ Menjelaskan arti ulet dan menunjukkan dalilnya.
§ Menjelaskan arti teliti dan menunjukkan dalilnya.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
§
Jelaskan
pengertian kerja keras!
§
Jelakan
pengertian tekun!
§
Jelaskan
pengertian ulet dan teliti!
§
Apakah
fungsi kerja keras?
§ Tulislah dalil naqli tentang tekun!
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
________________ ___________________
NIP NIP
Saran Kepala
Sekolah:
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII / 2
|
Standar Kompetensi
|
:
|
11. Membiasakan perilaku
terpuji
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
11.2. Menampilkan
contoh-contoh perilaku kerja keras,
tekun, ulet dan teliti
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh perilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti dalam kehidupan dan menyukainya.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Teliti ( Carefully
)
Kerjakeras ( Bravery
)
Materi
Pembelajaran
- Contoh-contoh perilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti dalam kehidupan.
Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab
- Diskusi
- Penugasan
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai indahnya berakhlak mulia.
- Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas yang harus dilakukan siswa.
2). Elaborasi
- Siswa berdiskusi untuk mencari contoh-contoh nyata perilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti dalam kehidupan.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
- Siswa melaporkan hasilnya.
Kegiatan
Penutup
¨
Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat
atau tidak? Menyenangkan atau tidak?
Sumber
Belajar
·
Buku Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP,
·
LKS MGMP PAI
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Menyebutkan contoh-contoh perilaku kerja keras.
§ Menyebutkan contoh-contoh perilaku tekun.
§ Menyebutkan contoh-contoh perilaku ulet.
§ Menyebutkan contoh-contoh perilaku teliti.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
§ Ceritakan contoh penerapan kerja keras!
§ Ceritakan contoh penerapan tekun!
§ Ceritakan contoh penerapan ulet!
§ Ceritakan contoh penerapan teliti!
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
________________ ___________________
NIP NIP
Saran Kepala
Sekolah:
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII / 2
|
Standar Kompetensi
|
:
|
11. Membiasakan perilaku
terpuji
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
11.3. Membiasakan perilaku
kerja keras, tekun, ulet dan teliti.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat membiasakan diri berperilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti dalam kehidupan serta merasakan manfaatnya.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Teliti ( Carefully
)
Kerjakeras ( Bravery
)
Materi
Pembelajaran
- Pembiasaan perilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti dalam kehidupan
- Manfaat berperilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti dalam kehidupan
Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab
- Modeling
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai indahnya berakhlak mulia.
- Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas yang harus dilakukan siswa.
2). Elaborasi
- Siswa melakukan simulasi perilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti.
- Siswa menuliskan kesan-kesannya.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan
Penutup
¨
Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat
atau tidak? Menyenangkan atau tidak?
Sumber
Belajar
·
Buku Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP,
·
LKS MGMP PAI
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Membiasakan perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan
teliti dalam lingkungan keluarga.
§ Membiasakan perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan
teliti dalam lingkungan sekolah.
§ Membiasakan perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan
teliti dalam lingkungan masyarakat.
|
Unjuk kerja
|
Tes simulasi
|
§ Simulasikan sikap anak yang bekerja keras ketika
mendapatkan tugas!
§ Simulasikan sikap anak yang tekun dalam belajar!
§ Simulasikan sikap anak yang ulet ketika sedang
menemui kesulitan dalam tugasnya!
§ Simulasikan sikap anak yang teliti saat mengerjakan
suatu pekerjaan!
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
________________ ___________________
NIP NIP
Saran Kepala
Sekolah:
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII / 2
|
Standar Kompetensi
|
:
|
12. Memahami tatacara salat Jumat
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
12.1. Menjelaskan ketentuan-ketentuan salat Jumat
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4
X 40 menit ( 2 pertemuan)
|
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat menjelaskan pengertian, syarat-syarat, sunah-sunah salat Jumat, membaca dan mengartikan dalil naqlinya, serta menjelaskan halangannya.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kerjasama
Kecintaan
Materi
Pembelajaran
- Pengertian salat Jumat
- Dalil naqli tentang hukum salat Jumat
- Syarat-syarat salat Jumat
- Ketentuan khutbah Jumat
- Sunah-sunah salat Jumat
- Halangan salat Jumat
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
pertama
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya salat Jumat.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan pengertian, syarat-syarat, salat Jumat.
2). Elaborasi
- Siswa berlatih membaca dan mengartikan dalil naqli tentang salat Jumat.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan
Penutup
¨
Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat
atau tidak? Menyenangkan atau tidak?
Pertemuan
kedua
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya salat Jumat.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan sunah-sunah salat Jumat.
2). Elaborasi
- Siswa menelaah halangan salat Jumat dan ketentuan orang yang meninggalkannya melalui dalil naqli/hadits.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan
Penutup
¨
Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat
atau tidak? Menyenangkan atau tidak?
Sumber
Belajar
·
Buku Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP,
·
LKS MGMP PAI
·
Mushaf Al-Qur’an
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Menjelaskan pengertian shalat Jum’at dan dasar
hukumnya.
§ Menjelaskan syarat mendirikan shalat Jum’at.
§ Menjelaskan perbuatan sunnah yang terkait dengan
shalat Jum’at.
§ Menyebutkan beberapa halangan melaksanakan shalat
Jum’at.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
§ Jelaskan pengertian shalat Jum’at dan dasar hukumnya.
§ Jelaskan syarat mendirikan shalat Jum’at.
§ Jelaskan perbuatan sunnah yang terkait dengan shalat Jum’at.
§ Sebutkan beberapa halangan melaksanakan shalat
Jum’at.
|
........................., ................
20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
________________ ___________________
NIP NIP
Saran Kepala
Sekolah:
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII / 2
|
Standar Kompetensi
|
:
|
12. Memahami tatacara salat Jumat
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
12.2. Mempraktikkan salat Jumat
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat mempraktikkan mensimulasikan pelaksanaan salat Jumat dan melaksanakannya di lingkungan sekolah atau di lingkungan tempat tinggal.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kerjasama
Kecintaan
Materi
Pembelajaran
- Praktik persiapan pelaksanaan salat Jumat
- Simulasi pelaksanaan salat Jumat.
Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab
- Diskusi
- Demonstrasi
- Simulasi
- Penugasan
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas yang harus dilakukan siswa.
2). Elaborasi
- Siswa melakukan praktik dan simulasi salat Jumat.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan
Penutup
¨
Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat
atau tidak? Menyenangkan atau tidak?
Sumber
Belajar
·
Buku Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP,
·
LKS MGMP PAI
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Menyebutkan beberapa persiapan untuk melaksanakan
shalat Jum’at.
§ Menjelaskan tatacara shalat Jum’at.
§ Mempraktikkan shalat Jum’at di sekolah dan di
masjid.
|
Unjuk kerja
|
Tes identifikasi
|
§ Sebutkan beberapa persiapan untuk melaksanakan
shalat Jum’at.
§ Jelaskan tatacara shalat Jum’at.
§ praktikkan shalat Jum’at di sekolah dan di masjid dengan baik!
|
Rubrik:
Aspek yang dinilai
|
Indikator kemampuan
|
Nilai
|
||
·
Bacaan-bacaan,
baik bacaan rukun maupun sunah
·
Gerakan-gerakan
rukun
·
Kekhusyu’an /
tumakninah / penghayatan
|
·
Melaksanakan
salat Jumat tanpa melakukan kesalahan dalam perannya sebagai jamaah, muazin,
khatib atau imam.
|
·
khusyu’
|
100
|
|
·
kurang khusyu’
|
95
|
|||
·
Melaksanakan
salat Jumat dengan melakukan 1-10 kesalahan dalam perannya sebagai jamaah,
muazin, khatib atau imam.
|
·
khusyu’
|
90
|
||
·
kurang khusyu’
|
85
|
|||
·
Melaksanakan
salat Jumat dengan melakukan 11-20 kesalahan dalam perannya sebagai jamaah,
muazin, khatib atau imam.
|
·
khusyu’
|
80
|
||
·
kurang khusyu’
|
75
|
|||
·
Melaksanakan
salat Jumat dengan melakukan 21-30 dalam perannya sebagai jamaah, muazin,
khatib atau imam.
|
·
khusyu’
|
70
|
||
·
kurang khusyu’
|
65
|
|||
·
Melaksanakan
salat Jumat dengan melakukan lebih dari 30 kesalahan dalam perannya sebagai
jamaah, muazin, khatib atau imam.
|
·
khusyu’
|
60
|
||
·
kurang khusyu’
|
55
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
________________ ___________________
NIP NIP
Saran Kepala
Sekolah:
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII / 2
|
Standar Kompetensi
|
:
|
13. Memahami tatacara salat jama’ dan qashar
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
13.1. Menjelaskan salat jama’ dan qashar
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4
X 40 menit ( 2 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat menjelaskan pengertian, sebab-sebab, dan macam-macam salat jama' dan qashar, membaca dan mengartikan dalil naqlinya, menyebutkan salat yang boleh dijamak dan diqashar.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kerjasama
Kecintaan
Materi
Pembelajaran
- Pengertian salat jama' dan qashar
- Dalil naqli tentang hukum salat jama' dan qashar
- Sebab-sebab salat jama' dan qashar
- Salat yang boleh dijamak dan diqashar
- Perbedaan jamak taqdim dan jamak ta'khir
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya salat jamak dan qasar.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan pengertian , sebab-sebab, dan macam-macam salat jama' dan qashar.
2). Elaborasi
- Siswa menelaah lebih dalam mengenai perbedaan salat jamak taqdim dan jamak ta’khir.
- Siswa berlatih membaca dalil naqli tentang shala jamak dan qashar.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan
Penutup
¨
Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat
atau tidak? Menyenangkan atau tidak?
Sumber
Belajar
·
Buku Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP,
·
LKS MGMP PAI
·
Mushaf Al-Qur’an
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Menjelaskan pengertian shalat jama’ dan dasar
hukumnya.
§ Menjelaskan pengertian shalat qashar dan dasar
hukumnya.
§ Menjelaskan syarat-syarat melaksanakan shalat jama’
dan qashar.
§ Menyebutkan macam-macam shalat yang bisa di jama’
dan diqashar.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
§ Jelaskan pengertian salat jamak!
§ Jelakan pengertian salat qasar!
§ Sebutkan salat yang boleh dijamak!
§ Apakah salat yang boleh diqashar?
§ Berapa rakaat salat Isya yang diqashar?
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
________________ ___________________
NIP NIP
Saran Kepala
Sekolah:
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII / 2
|
Standar Kompetensi
|
:
|
13. Memahami tatacara salat jama’ dan qashar
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
13.2. Mempraktekkan salat jama’ dan qashar
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat mempraktikkan salat jamak takdim dan ta'khir, salat qashar dan salat jamak qashar.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kerjasama
Kecintaan
Materi
Pembelajaran
- Praktik salat jamak takdim dan ta'khir
- Praktik salat qashar
- Praktik salat jamak qashar
Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab
- Demonstrasi
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai pelaskanaan salat di perjalanan.
- Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas yang harus dilakukan siswa.
2). Elaborasi
- Siswa berlatih melakukan salat jamak, qasar, dan jamak qasar.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan
Penutup
¨
Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat
atau tidak? Menyenangkan atau tidak?
Sumber
Belajar
·
Buku Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP,
·
LKS MGMP PAI
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Menjelaskan bentuk-bentuk pelaksanaan shalat jama’.
§ Menjelaskan tatacara shalat jama’ dan qashar.
§ Mempraktikkan shalat jama’ dan qashar di sekolah.
|
Unjuk kerja
|
Tes identifikasi
|
§ Jelaskan bentuk-bentuk pelaksanaan shalat jama’.
§ Jelaskan tatacara shalat jama’ dan qashar.
§ praktikkan shalat jama’ dan qashar di sekolah dengan baik dan benar!
|
Rubrik:
Aspek yang dinilai
|
Indikator kemampuan
|
Nilai
|
||
·
Bacaan-bacaan,
baik bacaan rukun maupun sunah
·
Gerakan-gerakan
rukun
·
Kekhusyu’an /
tumakninah / penghayatan
|
·
Melaksanakan
salat jamak dan qasar tanpa melakukan kesalahan baik bacaan maupun gerakan.
|
·
khusyu’
|
100
|
|
·
kurang khusyu’
|
95
|
|||
·
Melaksanakan
salat jamak dan qasar dengan melakukan 1-10 kesalahan bacaan maupun gerakan.
|
·
khusyu’
|
90
|
||
·
kurang khusyu’
|
85
|
|||
·
Melaksanakan
salat jamak dan qasar dengan melakukan 11-20 kesalahan bacaan maupun gerakan.
|
·
khusyu’
|
80
|
||
·
kurang khusyu’
|
75
|
|||
·
Melaksanakan
salat jamak dan qasar dengan melakukan 21-30 kesalahan bacaan maupun gerakan.
|
·
khusyu’
|
70
|
||
·
kurang khusyu’
|
65
|
|||
·
Melaksanakan
salat jamak dan qasar dengan melakukan lebih dari 30 kesalahan bacaan maupun
gerakan.
|
·
khusyu’
|
60
|
||
·
kurang khusyu’
|
55
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
________________ ___________________
NIP NIP
Saran Kepala
Sekolah:
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII / 2
|
Standar Kompetensi
|
:
|
14. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
14.1. Menjelaskan
misi Nabi Muhammad SAW untuk menyempurnakan akhlak, membangun manusia mulia
dan bermanfaat
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW untuk menyempurnakan akhlak, membangun manusia mulia dan bermanfaat.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely
)
Materi
Pembelajaran
- Dalil naqli bahwa Nabi Muhammad SAW diutus untuk menyempurnakan akhlak, membangun manusia mulia dan bermanfaat.
- Misi Nabi Muhammad SAW untuk menyempurnakan akhlak, membangun manusia mulia dan bermanfaat
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai Nabi Muhammad SAW untuk menyempurnakan akhlak, membangun manusia mulia dan bermanfaat.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW untuk menyempurnakan akhlak, membangun manusia mulia dan bermanfaat.
2). Elaborasi
- Siswa berlatih membaca dalil naqli tentang Nabi Muhammad SAW diutus untuk menyempurnakan akhlak, membangun manusia mulia dan bermanfaat.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan
Penutup
¨
Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat
atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber
Belajar
·
Buku Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP,
·
LKS MGMP PAI
·
Mushaf Al-Qur’an
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Menjelaskan misi kerasulan Muhammad Saw. untuk
menyempurnakan akhlak mulia.
§ Menjelaskan misi kerasulan Muhammad Saw. untuk
membangun manusia yang mulia dan bermanfaat.
|
Tes
tertulis
|
Tes uraian
|
§ Jelaskan misi kerasulan Muhammad Saw. untuk
menyempurnakan akhlak mulia.
§ Jelaskan misi kerasulan Muhammad Saw. untuk
membangun manusia yang mulia dan bermanfaat.
§ Mengapa akhlak manusia perlu diperbaiki?
§ Bagaimana akhlak Nabi Muhammad SAW?
§ Apakah Nabi Muhammad SAW dapat dijadikan teladan?
§ Bagaimana keadaan akhlak manusia sebelum Nabi
Muhammad SAW diutus Allah?
§ Tulislah hadis tentang tugas Nabi
Muhammad SAW untuk menyempurnakan akhlak!
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
________________ ___________________
NIP NIP
Saran Kepala
Sekolah:
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII / 1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
14. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
14.2. Menjelaskan
misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian,
kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat serta menunjukkan dalil naqlinya.
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely
)
Materi
Pembelajaran
- Dalil naqli bahwa Nabi Muhammad SAW diutus sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat
- Misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat
Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab
- Diskusi
- Penugasan
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya memahami pribadi Nabi Muhammad SAW yang sebenarnya.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat
2). Elaborasi
- Siswa berlatih membaca dalil naqli tentang Nabi Muhammad SAW diutus sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan
Penutup
¨
Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat
atau tidak? Menyenangkan atau tidak?
Sumber
Belajar
·
Buku Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP,
·
LKS MGMP PAI
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Menjelaskan misi kerasulan Muhammad Saw. sebagai
rahmat bagi alam semesta.
§ Menjelaskan misi kerasulan Muhammad Saw. sebagai
pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat.
|
Tes
tertulis
|
Tes uraian
|
§ Jelaskan misi kerasulan Muhammad Saw. sebagai rahmat
bagi alam semesta.
§ Jelaskan misi kerasulan Muhammad Saw. sebagai
pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat.
§ Ceritakan kepribadian Nabi Muhammad!
§ Bagaimana pendapatmu mengenai figur Nabi Muhammad
yang digambarkan oleh orang-rang Barat sebagai Nabi yang suka berperang?
§ Ceritakan peran Nabi Muhammad dalam
penghapusan sistem perbudakan!
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
________________ ___________________
NIP NIP
Saran Kepala
Sekolah:
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII / 2
|
Standar Kompetensi
|
:
|
14. Memahami
sejarah Nabi Muhammad SAW
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
14.3. Meneladani perjuangan Nabi dan para Sahabat dalam
menghadapi masyarakat Makkah
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat menjelaskan perjuangan Nabi dan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely
)
Materi
Pembelajaran
- Metode dakwah Nabi Muhammad SAW
- Para sahabat yang mula-mula masuk Islam (asabiqunal awwalun)
- Peran para sahabat dalam membantu perjuangan Nabi Muhammad di Makkah
- Reaksi masyarakat Makkah terhadap dakwah Nabi dan para sahabat
- Keuletan, ketabahan, dan cara-cara dakwah Nabi dan para sahabat.
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai pentinya dakwah.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan metode dakwah Nabi, reaksi masyarakat Makkah, dan asabiqunal awwalun.
2). Elaborasi
- Siswa menelaah lebih dalam mengenai perjuangan Nabi Muhammad dan para sahabat di Makkah.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan
Penutup
¨
Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat
atau tidak? Menyenangkan atau tidak?
Sumber Belajar
·
Buku Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP,
·
LKS MGMP PAI
·
VCD Sejarah Islam
·
Mushaf Al-Qur’an
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Menceritakan perjuangan Nabi Muhammad Saw. dalam
menghadapi masyarakat Makkah.
§ Menceritakan perjuangan para sahabat Nabi Muhammad
Saw. dalam menghadapi masyarakat Makkah.
§ Meneladani perilaku Nabi Muhammad Saw. dan para
sahabat untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
|
Tes
tertulis
|
Tes uraian
|
§ Jelaskan metode dakwah Nabi!
§ Ceritakan peran para sahabat dalam membantu
perjuangan Nabi!
§ Jelasakan maksud assabiqunal awwalun!
§ Sebutkan assabiqunal awwalun!
§
Bagaimana
reaksi masyarakat Makkah terhadap dakwah Nabi?
|
........................., ................
20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
________________ ___________________
NIP NIP
Saran Kepala
Sekolah:
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar