RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP Negeri 2 Sekadau Hilir
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
VIII/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1. Menerapkan hukum bacaan
Qalqalah, Lam dan Ra
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.1. Menjelaskan hukum
bacaan Qalqalah, Lam dan Ra
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X
40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat memahami pengertian dan huruf Qalqalah, menjelasakan pengertian tafkhim dan tarqiq pada huruf lam dan ra serta membedakan tafkhim dan tarqiq baik pada lam maupun ra'.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi
Pembelajaran
- Pengertian Qalqalah
- Huruf-huruf Qalqalah
- Lafaz yang mengandung bacaan qalqalah
- Pengertian tafkhim dan tarqiq pada huruf lam dan ra
- Lafdzu jalalah
- Perbedaan bacaan tafkhim atau tarqiq pada lam dan ra'.
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Guru bertanya mengenai ilmu tajwid.
- Guru memotivasi siswa mengenai keutamaan belajar ilmu tajwid dan manfaatnya.
- Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi .
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
·
Guru menjelaskan
ketentuan-ketentuan bacaan qalqalah beserta huruf-hurufnya.
2). Elaborasi
·
Siswa berdiskusi
untuk mencari, menemukan, dan mengklasifikasikan lafaz-lafaz yang mengandung
bacaan qalqalah.
3) Konfirmasi
·
menyampaikan
kesulitan-kesulitan yang dialami dalam kelompok masing-masing, guru sebagai
fasilitator.
Kegiatan
Penutup
·
Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat
atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber
Belajar
·
Buku PAI Kelas
VIII .
·
LKS MGMP PAI SMP
/ MTS
·
Mushaf Al-Quran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§
Menjelaskan
pengertian hukum bacaan qalqalah.
§
Menjelaskan
macam-macam hukum bacaan qalqalah dan menyebutkan contoh-contohnya.
§
Menjelaskan
pengertian hukum bacaan ra.
§ Menjelaskan macam-macam hukum bacaan ra dan
menyebutkan contoh-contohnya.
|
Tes
tertulis
|
Tes uraian
Tes isian
|
§
Jelaskan
pengertian qalqalah!
§
Sebutkan
huruf-huruf qalqalah!
§
Jelaskan
pengertian tafkhim !
§
Jelakan
pengertian tarqiq
§
Apakah yang
dimaksud lam jalalah!
|
Isilah
dengan jawaban yang tepat !
a
TAFKHIM = Jika lafaz mengandung bacaan
tafkhim
a
TARQIQ = Jika lafaz mengandung bacaan
tarqiq
عَذَابُ اللهِ
|
خَزَائِنُ
اللهِ
|
أَلَيْسَ اللهُ
|
مِنْ دُونِ اللهِ
|
قُلِ اللهُ
|
1.
|
2.
|
3.
|
4.
|
5.
|
كَرْبٍ
|
فِرْعَوْنَ
|
زُرْتُمُ
|
وَالْفُرْقَانَ
|
وَاْلأَرْضُ
|
6.
|
7.
|
8.
|
9.
|
10.
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
________________ ___________________
NIP NIP
Saran Kepala
Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
VIII/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1. Menerapkan hukum bacaan
Qalqalah, Lam dan Ra
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.2. Menerapkan hukum
bacaan Qalqalah, Lam dan Ra dalam bacaan
surat-surat Al-Qur’an dengan benar
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat Mepraktekkan bacaan qalqalah, tafkhim dan tarqiq dalam ayat-ayat pilihan.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi
Pembelajaran
- Bacaan qalqalah dalam ayat-ayat pilihan
- Bacaan tafkhim dan tarqiq dalam ayat-ayat pilihan
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi .
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
·
Guru menyajikan
ayat-ayat pilihan yang banyak mengandung bacaan qalqalah, tafkhim, dan tarqiq.
2). Elaborasi
·
Siswa berlatih
membaca ayat-ayat tersebut dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan .
3) Konfirmasi
·
Guru bertindak
sebagai fasilitator.
Kegiatan
Penutup
·
Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat
atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber
Belajar
·
Buku PAI Kelas
VIII .
·
LKS MGMP PAI SMP
/ MTS
·
Mushaf Al-Quran
·
VCD pembelajaran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§
Membaca bacaan
qalqalah dengan benar.
§
Membaca bacaan
ra tebal dengan benar.
§
Membaca bacaan
ra tipis dengan benar.
§
Menerapkan
hukum bacaan qalqalah dengan membaca QS. al-Ikhlash dan QS. al-Lahab.
§
Menerapkan
hukum bacaan ra dengan membaca potongan ayat-ayat al-Quran.
|
Tes unjuk kerja
|
Tes identifikasi
|
·
Bacalah potongan-potongan ayat berikut dengan memperhatikan
bacaan qalqalah, tafkhim dan tarqiq!
تَبَّتْ يَدَا أَبِيْ لَهَبٍ وَتَبَّ (۱)
مَآ أَغْنى عَنْهُ مَالُه وَمَا كَسَبَ (٢)
سَيَصْلى نَارًا ذَاتَ لَهَبٍ (٣) وَامْرَأَتُهُ حَمَّالَةَ الْحَطَبِ (٤) فِي
جِيْدِهَا حَبْلٌ مِنْ مَسَدٍ
(٥) (
اللهب : ۱-٥)
وَمَنْ يُهِنِ اللهُ فَمَا لَه مِنْ مُكْرِمٍ
إِنَّ اللهَ يَفْعَلُ مَا يَشَآءُ
( الحج : ۱٨)
|
Rubrik/Pedoman
penilaian :
Aspek yg dinilai
|
Indikator kemampuan
|
Nilai
|
· Kelancaran
· Bacaan qalqalah, tafkhim, dan tarqiq
· Makhraj
|
· Membaca dengan lancar
· Tidak melakukan kesalahan bacaan qalqalah dan lam
jalalah serta makhrajnya
|
100
|
· Membaca dengan lancar
· Melakukan 1-2 kesalahan bacaan qalqalah dan lam
jalalah serta makhrajnya
|
90
|
|
· Melakukan 3-4 kesalahan bacaan qalqalah dan lam
jalalah serta makhrajnya
|
80
|
|
· Melakukan 5-6 kesalahan bacaan qalqalah dan lam
jalalah serta makhrajnya
|
70
|
|
· Melakukan 7-8 kesalahan bacaan qalqalah dan lam
jalalah serta makhrajnya
|
60
|
|
· Melakukan
lebih dari 8 kesalahan bacaan qalqalah dan lam jalalah serta
makhrajnya
|
50
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala
Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
VIII/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
2. Meningkatkan keimanan
kepada Kitab-kitab Allah
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
2.1. Menjelaskan
pengertian beriman kepada Kitab-kitab Allah
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat mengimani Kitab-kitab Allah SWT, membaca dalil naqlinya serta memahami perbedaan antara kitab dengan suhuf.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely
)
Materi
Pembelajaran
- Pengertian iman kepada Kitab-kitab Allah SWT
- Dalil naqli tentang Kitab-kitab Allah SWT
- Perbedaan kitab dengan suhuf
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan Menjelaskan pengertian beriman kepada Kitab-kitab Allah.
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan pengertian iman kepada kitab Allah SWT dengan memaparkan ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan kitab-kitab Allah.
2). Elaborasi
- Siswa menelaah perbedaan antara kitab dengan suhuf.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan
Penutup
·
Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat
atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber
Belajar
·
Buku PAI Kelas
VIII .
·
LKS MGMP PAI SMP / MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Menjelaskan pengertian kitab-kitab Allah.
§ Menjelaskan pengertian iman kepada kitab-kitab
Allah.
§ Menyebutkan dalil naqli dan aqli terkait dengan iman
kepada kitab-kitab Allah.
|
Tes
tertulis
|
Tes uraian
|
§ Jelaskan pengertian iman kepada kitab Allah SWT!
§ Jelaskan pengertian kitab Allah !
§ Jelasakan perbedaan kitab samawi dengan kitab ardhi!
§ Tulislah dalil naqli tentang kitab Allah !
§ Jelaskan perbedaan antara kitab dengan suhuf!
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala
Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
VIII/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
2. Meningkatkan keimanan
kepada Kitab-kitab Allah
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
2.2. Menyebutkan nama
Kitab-kitab Allah SWT yang di turunkan kepada para Rasul
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat menyebutkan macam-macam kitab-kitab Allah dan rasul yang menerimanya, meyakini bahwa kitab-kitab Allah sebagai petunjuk bagi manusia dan Al Quran sebagai kitab suci umat Islam.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely
)
Materi
Pembelajaran
- Macam-macam kitab-kitab Allah dan rasul yang menerimanya
- Kitab-kitab Allah sebagai petunjuk bagi manusia
- Al Quran sebagai kitab suci umat Islam
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Aprsepsi
- Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan menyebutkan macam-macam kitab-kitab Allah dan rasul.
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru memberikan penjelasan mengenai kitab-kitab Allah beserta rasul penerimanya.
2). Elaborasi
- Siswa menelaah tentang kitab-kitab Allah sebagai petunjuk bagi manusia serta al Quran sebagai kitab suci umat Islam..
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan
Penutup
- Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber
Belajar
·
Buku PAI Kelas
VIII
·
LKS MGMP PAI SMP
/ MTS
·
Al-Quran dan
Terjemahnya
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Menyebutkan nama-nama kitab Allah beserta para Rasul
yang menerimanya.
§ Menyebutkan shuhuf-shuhuf yang diturunkan kepada
para nabi dan rasul.
§ Menyebutkan isi pokok dari kitab-kitab Allah.
|
Tes
tertulis
|
Tes isian
|
§ Kitab Injil diturunkan kepada Nabi ....
§ Nabi Dawud menerima kitab ....
§ Nabi Musa menerima kitab....
§ Kitab al-Quran diturunkan kepada Nabi....
§ Umat Islam berpedoman kepada kitab suci ....
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala
Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
VIII/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
2. Meningkatkan keimanan
kepada Kitab-kitab Allah SWT
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
2.3. Menampilkan sikap
mencintai Al-Qur’an sebagai Kitab Allah
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa membiasakan diri tadarus al-Qur'an dan berperilaku yang sesuai dengan ajaran al-Qur'an.
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely
)
Materi
Pembelajaran
- Tadarus al-Qur'an
- Perilaku yang sesuai dengan ajaran al-Qur'an
Metode
Pembelajaran
- Penugasan
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Aprsepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya Menampilkan sikap mencintai Al-Qur’an sebagai Kitab Allah.
- Guru membagi siswa menjadi kelompok-kelompok kecil (small group).
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru memberikan penjelasan mengenai langkah-langkah kegiatan tadarus al-Quran.
2). Elaborasi
- Siswa melakaukan kegiatan tadarus di rumah selama satu minggu.
- Siswa mendeskripsikan kesan-kesannya.
3) Konfirmasi
- Siswa melaporkan hasil kegiatannya secara tertulis.
Kegiatan
Penutup
- Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber
Belajar
·
Buku PAI Kelas
VIII .
·
LKS MGMP PAI SMP
/ MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
·
Menjelaskan
al-Quran sebagai Kitab Allah terakhir dan terlengkap.
·
Menjelaskan
keistimewaan al-Quran atas Kitab-kitab Allah yang lain.
·
Menjadikan
al-Quran sebagai sumber hukum dan pedoman dalam kehidupan sehari-hari.
|
Tes
tertulis
|
Tes isian
|
§ jelaskan al-Quran sebagai Kitab Allah terakhir dan
terlengkap.
§ jelaskan keistimewaan al-Quran atas Kitab-kitab
Allah yang lain.
§ Lakukan tadrus al-Quran selama stu
minggu dan buatlah laporan serta tulislah kesan yang kamu rasakan selama
melaksanakan kegiatan tadarus!.
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala
Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
VIII/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
3. Membiasakan perilaku
terpuji
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.1. Menjelaskan pengertian zuhud dan tawakkal
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat memahami zuhud dan tawakal, membaca dan mengartikan dalil naqlinya, serta menjelaskan fungsinya dalam kehidupan.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely
)
Materi Pembelajaran
- Pengertian zuhud dan tawakal
- Dalil naqli tentang zuhud dan tawakal
- Fungsi zuhud dan tawakal dalam kehidupan
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya berakhlak mulia.
- Guru membagi siswa menjadi kelompok-kelompok kecil (small group).
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan pengertian zuhud dan tawakal.
2). Elaborasi
- Siswa menelaah lebih dalam mengenai zuhud dan tawakal dan berdiskusi tentang fungsi zuhud dan tawakal dalam kehidupan.
3) Konfirmasi
- Siswa berlatih membaca dalil naqli tentang zuhud dan tawakal dengan metode .
Kegiatan
Penutup
¨
Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat
atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber
Belajar
·
Buku PAI Kelas
VIII
·
LKS MGMP PAI SMP
/ MTS
·
Mushaf Al-Quran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
·
Menjelaskan
pengertian zuhud dan menyebutkan dalilnya.
·
Menjelaskan
pengertian tawakkal dan menyebutkan dalilnya.
|
Tes
tertulis
|
Tes uraian
|
§ Jelasakan pengertian zuhud!
§ Jelaskan pngertian tawakal
§ Tulislah dalil naqli tentang zuhud!
§ Tulislah dalil naqli tentang tawakal?
§ Jelaskan fungsi tawakal dalam kehidupan!
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala
Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
VIII/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
3. Membiasakan perilaku
terpuji
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.2. Menampilkan
contoh perilaku zuhud dan tawakkal
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh perilaku zuhud dan tawakal dalam kehidupan serta menunjukkan sikap senang berperilaku zuhud dan tawakal dalam kehidupan.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely
)
Materi
Pembelajaran
- Contoh-contoh perilaku zuhud dan tawakal dalam kehidupan
- Senang berperilaku zuhud dan tawakal dalam kehidupan
Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab
- Diskusi
- Penugasan
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan diskusi yang harus dilakukan siswa.
2). Elaborasi
- Siswa berdiskusi untuk mencari contoh-contoh penerapan zuhud dan tawakal.
3) Konfirmasi
- Siswa menyusun laporan hasil diskusi.
Kegiatan
Penutup
¨
Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat
atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber
Belajar
·
Buku PAI Kelas
VIII
·
LKS MGMP PAI SMP
/ MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Menunjukkan contoh-contoh perilaku zuhud dalam
kehidupan sehari-hari.
·
Menunjukkan
contoh-contoh perilaku tawakkal dalam kehidupan sehari-hari.
|
Tes
tertulis
|
Tes uraian
|
§
Diskusikan
contoh-contoh zuhud dalam kehidupan!
§ Diskusikan contoh-contoh tawakal dalam
kehidupan!
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala
Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
VIII/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
3. Membiasakan perilaku terpuji
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.3. Membiasakan
perilaku zuhud dan tawakkal dalam kehidupan sehari-hari
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat membiasakan diri berperilaku zuhud dan tawakal dalam kehidupan serta merasakan manfaatnya.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely
)
Materi
Pembelajaran
- Pembiasaan perilaku zuhud dan tawakal
- Manfaat berperilaku zuhud dan tawakal dalam kehidupan
Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab
- Modeling
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai nikmatnya orang yang zuhud dan tawakal.
- Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas yang harus dilakukan siswa.
2). Elaborasi
- Siswa melakukan kegiatan pembiasaan zuhud dan tawakal dalam berbagai kondisi (susah maupun senang).
- Siswa melaporkan kegiatannya.
3) Konfirmasi
- Siswa menuliskan kesan-kesannya.
Kegiatan
Penutup
¨
Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat
atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas
VIII
·
LKS MGMP PAI SMP
/ MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Membiasakan perilaku zuhud dan tawakal dalam
lingkungan keluarga.
§ Membiasakan perilaku zuhud dan tawakal dalam
lingkungan sekolah.
·
Membiasakan
perilaku zuhud dan tawakal dalam lingkungan masyarakat
|
Unjuk kerja
|
Tes simulasi
|
§ Lakukan kegiatan pembiasaan zuhud dan tawakal di
lingkungan rumah dan sekolah! Buatlah laporan dan tulislah kesan-kesanmu
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala
Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
VIII/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
4. Menghindari Perilaku
tercela
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
4.1. Menjelaskan
pengertian ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat mamahami ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah dengan membaca dan mengartikan dalil naqlinya serta memahami akibat buruknya.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi
Pembelajaran
- Pengertian ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah
- Dalil naqli tentang ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah
- Akibat buruk ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya menghindari akhlak tercela.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan pengertian ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah.
2). Elaborasi
- Siswa menelaah lebih dalam ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah.
3) Konfirmasi
- Siswa berlatih membaca dalil naqli tentang ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah dengan metode .
Kegiatan
Penutup
¨
Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat
atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber
Belajar
·
Buku PAI Kelas
VIII .
·
LKS MGMP PAI SMP
/ MTS
·
Mushaf Al-Quran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Menjelaskan pengertian ananiah dan bahayanya.
§ Menjelaskan pengertian ghadhab dan bahayanya.
§ Menjelaskan pengertian hasad dan bahayanya.
§ Menjelaskan pengertian ghibah dan bahayanya.
§ Menjelaskan pengertian namimah dan bahayanya.
§ Menyebutkan dalil naqli terkait dengan ananiah,
ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah.
|
Unjuk kerja
|
Tes simulasi
|
§ Jelasakan pengertian ananiah!
§ Jelaskan pengertian ghadab!
§ Tulislah dalil naqli tentang hasad!
§ Tulislah dalil naqli tentang ghibah!
§
Jelaskan akibat
buruk namimah!
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala
Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
VIII/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
4. Menghindari perilaku
tercela
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
4.2. Menyebutkan
contoh - contoh perilaku ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh perilaku ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah dalam kehidupan serta menunjukkan sikap tidak senang berperilaku ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi
Pembelajaran
- Contoh-contoh perilaku ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah dalam kehidupan
- Sikap tidak senang berperilaku ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah dalam kehidupan
Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab
- Diskusi
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas yang harus dilakukan siswa.
2). Elaborasi
- Siswa berdiskusi untuk mencari Contoh-contoh perilaku ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah dalam kehidupan.
3) Konfirmasi
- Siswa melaporkan hasilnya.
Kegiatan
Penutup
¨
Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat
atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber
Belajar
·
Buku PAI Kelas
VIII .
·
LKS MGMP PAI SMP
/ MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Menyebutkan contoh-contoh perilaku ananiah.
§ Menyebutkan contoh-contoh perilaku ghadhab.
§ Menyebutkan contoh-contoh perilaku hasad.
§ Menyebutkan contoh-contoh perilaku ghibah.
§ Menyebutkan contoh-contoh perilaku namimah
|
Tes
tertulis
|
Jawaban singkat
|
1.
Sebutkan beberapa contoh yang menunjukkan perilaku ananiyah!
2.
Sebutkan beberapa contoh yang menunjukkan perilaku ghadhab!
3.
Sebutkan beberapa contoh yang menunjukkan perilaku hasad!
4
Sebutkan beberapa contoh yang menunjukkan perilaku ghibah!
5.
Sebutkan beberapa contoh yang menunjukkan perilaku namimah!
|
........................., ................
20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala
Sekolah :
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
VIII/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
4. Menghindari perilaku
tercela
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
4.3. Menghindari
perilaku ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa terbiasa menjauhi ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah dalam kehidupan serta merasakan manfaatnya.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi
Pembelajaran
- Pembiasaan perilaku menjauhi ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah.
- Manfaat berperilaku menjauhi ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah.
Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab
- CTL
- Penugasan
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya menghindari akhlak tercela.
- Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas yang harus dilakukan siswa.
2). Elaborasi
- Siswa berdiskusi tentang cara-cara menjauhi ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah.
3) Konfirmasi
- Siswa melaporakan hasilnya.
Kegiatan
Penutup
¨
Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat
atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber
Belajar
·
Buku PAI Kelas
VIII
·
LKS MGMP PAI SMP
/ MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Menghindari hal-hal yang mengarah pada perilaku
ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah.
§ Menghindari perilaku ananiah, ghadhab, hasad,
ghibah, dan namimah dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga
§ Menghindari perilaku ananiah, ghadhab, hasad,
ghibah, dan namimah dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah.
§ Menghindari perilaku ananiah, ghadhab, hasad,
ghibah, dan namimah dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat.
|
Penugasan
|
Pembiasaan
|
§ Bagaimana cara Menghindari hal-hal yang mengarah
pada perilaku ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah.
§ Bagaimana cara Menghindari perilaku ananiah,
ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan
keluarga
§ Bagaimana cara Menghindari perilaku ananiah,
ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan
sekolah.
§ Bagaimana cara Menghindari perilaku ananiah,
ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan
masyarakat.
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP
NIP
Saran Kepala
Sekolah :
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
VIII/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
5. Mengenal tatacara
shalat sunnat
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
5.1. Menjelaskan ketentuan shalat sunnat rawatib
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat menjelaskan pengertian dan macam-macam shalat sunnat rawatib, membaca dan mengartikan dalil naqlinya.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi
Pembelajaran
- Pengertian shalat sunnat rawatib
- Dalil naqli tentang hukum shalat sunnat rawatib
- Macam-macam shalat rawatib
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai keutamaan amalan sunah.
- Guru membagi siswa menjadi kelompok-kelompok kecil (small group).
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan pengertian, hukum dan macam-macam shalat rawatib.
2). Elaborasi
- Siswa berlatih membaca dalil naqli tentang tawadhu, ta’at, qana’ah dan sabar dengan metode .
3) Konfirmasi
- Siswa menuliskan tentang hukum shalat sunnat rawatib secara benar dan rapi
Kegiatan
Penutup
¨
Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat
atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber
Belajar
·
Buku PAI Kelas
VIII .
·
LKS MGMP PAI SMP
/ MTS
·
Mushaf Al-Quran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Menjelaskan pengertian shalat sunnat rawatib dan
dasar hukumnya.
§ Menyebutkan macam-macam shalat sunnat rawatib.
§ Menyebutkan dalil naqli tentang shalat sunnat
rawatib.
|
Tes
tertulis
|
Tes uraian
|
§ Jelasakan pengertian shalat rawatib!
§ Tulislah dalil naqli tentang shalat rawatib!
§ Sebutkan macam-macam shalat rawatib!
§ Sebutkan macam-macam hukum shalat rawatib!
§ Sebutkan shalat rawatib muakkad!
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala
Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
VIII/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
5. Mengenal tatacara
shalat sunnat
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
5.2. Memperaktikkan shalat sunnat rawatib
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat mempraktikkan shalat sunah rawatib qabliyah dan ba'diyah.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kerjasama
Kecintaan
Materi
Pembelajaran
- Praktik shalat sunah rawatib qabliyah
- Praktik shalat sunah rawatib ba'diyah
Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab
- Demonstrasi
- Penugasan
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan praktik yang harus dilakukan siswa.
2). Elaborasi
- Siswa melakukan praktik shalat rawatib qabliyah dan bakdiyah dengan metode .
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan
Penutup
¨
Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat
atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber
Belajar
·
Buku PAI Kelas
VIII .
·
LKS MGMP PAI SMP
/ MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Menjelaskan pengertian sujud syukur dan dasar
hukumnya.
§ Mempraktikkan shalat sunnat rawatib di sekolah.
|
Tes
tertulis
|
Tes uraian
|
§ jelaskan pengertian sujud syukur dan dasar hukumnya.
§ praktikkan shalat sunnat rawatib di sekolah.
§ Lakukan praktikkan shalat rawatib
qabliyah dan bakdiyah!
|
Rubrik :
Aspek yang dinilai
|
Indikator kemampuan
|
Nilai
|
||
·
Bacaan-bacaan,
baik bacaan rukun maupun sunah
·
Gerakan-gerakan
rukun
·
Kekhusyu’an / tumakninah
/ penghayatan
|
·
Melaksanakan
salat rawatib tanpa melakukan kesalahan baik bacaan maupun gerakan.
|
·
khusyu’
|
100
|
|
·
kurang khusyu’
|
95
|
|||
·
Melaksanakan
salat rawatib dengan melakukan 1-10 kesalahan bacaan maupun gerakan.
|
·
khusyu’
|
90
|
||
·
kurang khusyu’
|
85
|
|||
·
Melaksanakan
salat rawatib dengan melakukan 11-20 kesalahan bacaan maupun gerakan.
|
·
khusyu’
|
80
|
||
·
kurang khusyu’
|
75
|
|||
·
Melaksanakan
salat rawatib dengan melakukan 21-30 kesalahan bacaan maupun gerakan.
|
·
khusyu’
|
70
|
||
·
kurang khusyu’
|
65
|
|||
·
Melaksanakan
salat rawatib dengan melakukan lebih dari 30 kesalahan bacaan maupun gerakan.
|
·
khusyu’
|
60
|
||
·
kurang khusyu’
|
55
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP
NIP
Saran Kepala
Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
VIII/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
6. Memahami macam-macam sujud
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
6.1. Menjelaskan
pengertian sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat mamahami sujud yukur, sahwi dan tilawah dengan membaca dan mengartikan dalil naqlinya.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kerjasama
Kecintaan
Materi
Pembelajaran
- Pengertian sujud syukur
- Pengertian sujud sahwi
- Pengertian sujud tilawah
- Dalil naqli tentang sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai arti pentingnya sujud.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan pengertian sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah.
2). Elaborasi
- Siswa menelaah lebih dalam mengenai sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah.
- Siswa berlatih membaca dalil naqli tentang sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah dengan metode .
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan
Penutup
¨
Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat
atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber
Belajar
·
Buku PAI Kelas
VIII .
·
LKS MGMP PAI SMP
/ MTS
·
Mushaf Al-Quran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Menjelaskan pengertian sujud syukur dan dasar
hukumnya.
§ Menjelaskan pengertian sujud sahwi dan dasar
hukumnya.
§ Menjelaskan pengertian sujud tilawah dan dasar
hukumnya.
§ Menyebutkan dalil naqli terkait dengan sujud syukur,
sujud sahwi, dan sujud tilawah.
|
Tes
tertulis
|
Tes uraian
|
§ Jelasakan pengertian sujud syukur!
§ Jelaskan pengertian sujud sahwi!
§ Jelaskan pengertian sujud tilawah!
§ Tulislah dalil naqli tentang sujud syukur!
§ Tulislah dalil naqli tentang sujud
tilawah!
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala
Sekolah :
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
VIII/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
6. Memahami macam-macam sujud
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
6.2. Menjelaskan
tatacara sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat menjelaskan tata cara sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah.
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kerjasama
Kecintaan
Materi
Pembelajaran
- Tata cara sujud syukur
- Tata cara sujud sahwi
- Tata cara sujud tilawah
Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab
- Diskusi
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai arti pentingnya tatacara sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas yang harus dilakukan siswa.
2). Elaborasi
- Siswa berdiskusi untuk mencari dan mengkaji tata cara sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah.
3) Konfirmasi
- Siswa melaporkan hasilnya.
Kegiatan
Penutup
¨
Guru bersama siswa
melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau
tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber
Belajar
·
Buku PAI Kelas
VIII .
·
LKS MGMP PAI SMP
/ MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Menjelaskan tatacara sujud syukur.
§ Menjelaskan tatacara sujud sahwi.
§ Menjelaskan tatacara sujud tilawah.
|
Tes
tertulis
|
Tes uraian
|
1.
Jelaskan
tata cara sujud syukur!
2.
Jelaskan
tata cara sujud sahwi!
§ Jelaskan tata cara sujud tilawah!
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala
Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
VIII/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
6. Memahami macam-macam sujud
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
6.3. Memperaktikkan
sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat mempraktikkan sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kerjasama
Kecintaan
Materi
Pembelajaran
- Praktik sujud syukur
- Praktik sujud sahwi
- Praktik sujud tilawah
Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab
- CTL
- Penugasan
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas yang harus dilakukan siswa.
2). Elaborasi
- Siswa mempraktikkan sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah dengan metode .
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan
Penutup
¨
Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat
atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber
Belajar
·
Buku PAI Kelas
VIII .
·
LKS MGMP PAI SMP
/ MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Mempraktikkan sujud syukur di sekolah.
§ Mempraktikkan sujud sahwi di sekolah.
§ Mempraktikkan sujud tilawah di sekolah.
|
Tes
tertulis
|
Tes uraian
|
§ Lakukan praktik sujud syukur, sujud
sahwi, dan sujud tilawah dengan benar!
|
Rubrik
Aspek yang dinilai
|
Indikator kemampuan
|
Nilai
|
||
·
Doa sujud
sahwi, tilawah dan syukur
·
Gerakan
·
Kekhusyu’an /
tumakninah / penghayatan
|
·
Melaksanakan
sujud sahwi, tilawah dan syukur tanpa melakukan kesalahan baik bacaan maupun
gerakan.
|
·
khusyu’
|
100
|
|
·
kurang khusyu’
|
95
|
|||
·
Melaksanakan
sujud sahwi, tilawah dan syukur dengan melakukan 1-5 kesalahan bacaan maupun
gerakan.
|
·
khusyu’
|
90
|
||
·
kurang khusyu’
|
85
|
|||
·
Melaksanakan
sujud sahwi, tilawah dan syukur dengan melakukan 6-10 kesalahan bacaan maupun
gerakan.
|
·
khusyu’
|
80
|
||
·
kurang khusyu’
|
75
|
|||
·
Melaksanakan
sujud sahwi, tilawah dan syukur dengan melakukan 11-15 kesalahan bacaan
maupun gerakan.
|
·
khusyu’
|
70
|
||
·
kurang khusyu’
|
65
|
|||
·
Melaksanakan
sujud sahwi, tilawah dan syukur dengan melakukan lebih dari 15 kesalahan
bacaan maupun gerakan.
|
·
khusyu’
|
60
|
||
·
kurang khusyu’
|
55
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala
Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
VIII/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
7. Memahami tatacara puasa
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
7.1. Menjelaskan ketentuan puasa wajib
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat memahami pengertian, macam-macam, syarat, rukun, dan batalnya puasa melalui dalil naqlinya serta menjelaskan orang-orang yang diberi keringanan dalam melaksanakan puasa ramadhan.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kerjasama
Kecintaan
Materi Pembelajaran
- Pengertian puasa wajib
- Macam-macam puasa wajib
- Syarat puasa
- Rukun puasa
- Hal-hal yang membatalkan puasa
- Orang-orang yang diberi keringanan dalam melaksanakan puasa ramadhan
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- Diskusi
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya ajaran puasa.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan pengertian, macam-macam, syarat, rukun, dan batalnya puasa.
2). Elaborasi
- Siswa menelaah lebih dalam mengenai Orang-orang yang diberi keringanan dalam melaksanakan puasa ramadhan.
- Siswa berlatih membaca dalil naqli tentang puasa dengan metode .
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan
Penutup
¨
Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat
atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber
Belajar
·
Buku PAI Kelas
VIII .
·
LKS MGMP PAI SMP
/ MTS
·
Mushaf Al-Quran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Menjelaskan pengertian puasa wajib dan dasar
hukumnya.
§ Menjelaskan syarat-syarat melaksanakan puasa wajib.
§ Menjelaskan rukun-rukun puasa wajib.
§ Menjelaskan macam-macam puasa wajib.
§ Menjelaskan hal-hal yang membatalkan puasa.
§ Menjelaskan orang-orang yang boleh tidak melakukan
puasa Ramadlan.
|
Tes
tertulis
|
Tes uraian
|
§ Jelasakan pengertian puasa!
§ Apakah yang dimaksud puasa nazar?
§ Sebutkan syarat puasa!
§ Sebutkan rukun puasa!
§
Jelasakan
hal-hal yang membatalkan puasa!
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala
Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
VIII/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
7. Memahami tatacara puasa
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
7.2. Memperaktekkan puasa wajib
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa menjauhi hal-hal yang dapat menghilangan pahala puasa wajib dan melaksanakan puasa bulan Ramadhan.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely
)
Kejujuran
Materi
Pembelajaran
- Hal-hal yang dapat menghilangan pahala puasa wajib
Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab
- Diskusi
- Tugas pembiasaan
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya puasa.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan pengertian Hal-hal yang dapat menghilangan pahala puasa wajib
2). Elaborasi
- Siswa berdiskusi untuk mencari hal-hal yang dapat menghilangan pahala puasa wajib melalui dalil naqlinya.
- Siswa mengumpulkan portofolio berupa buku kegiatan bulan ramadhan..
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan
Penutup
¨
Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat
atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber
Belajar
·
Buku PAI Kelas
VIII .
·
Buku kegiatan
Ramadhan
·
LKS MGMP PAI SMP
/ MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Menjelaskan tatacara melaksanakan puasa wajib.
§ Mempraktikkan puasa wajib.
|
Tes
tertulis
|
Tes uraian
|
§ Apakah pada waktu puasa Anda tidak berkata
berbohong? ( ya – tidak).
§ Jelaskan bagaimana cara melakukan puasa wajib!
§
Apakah pada
waktu Anda berpuasa tidak marah ( ya – tidak)
§
Lakukan puasa
wajib pada waktu yang sudah ditentukan!
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala
Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
VIII/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
7. Memahami tatacara puasa
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
7.3. Menjelaskan ketentuan puasa sunnah Senin – Kamis,
Syawal, dan Arafah
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat menjelasakan pengertian puasa senin-kamis, syawal, dan arafah serta mengatahui dasar pelaksanaannya.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely
)
Kejujuran
Materi
Pembelajaran
- Pengertian puasa senin-kamis dan dasar pelaksanaannya
- Pengertian puasa syawal dan dasar pelaksanaannya
- Pengertian puasa arafah dan dasar pelaksanaannya
Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab
- Ceramah
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai ketentuan puasa sunnah Senin – Kamis, Syawal, dan Arafah.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan pengertian puasa senin-kamis, syawal, dan arafah.
2). Elaborasi
- Siswa berlatih membaca dan mengartikan dalil naqli tentang puasa senin-kamis, syawal, dan arafah dengan metode .
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan
Penutup
¨
Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat
atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber
Belajar
·
Buku PAI Kelas
VIII .
·
LKS MGMP PAI SMP
/ MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Menjelaskan pengertian puasa sunnah Senin-Kamis dan
dasar hukumnya.
§ Menjelaskan pengertian puasa sunnah Syawal dan dasar
hukumnya.
§ Menjelaskan pengertian puasa sunnah Arafah dan dasar
hukumnya.
|
Tes
tertulis
|
Tes uraian
|
§ Jelasakan pengertian puasa senin - kamis dan dasar
hukumnya!
§ Jelasakan pengertian puasa syawal dan dasar
hukumnya!
§ Jelasakan pengertian puasa arafah!
§ Tulislah dalil naqli tentang puasa syawal!
§
Tulislah dalil
naqli tentang puasa arafah!
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala
Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
VIII/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
7. Memahami tatacara puasa
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
7.4. Memperaktikkan puasa sunnah Senin – Kamis, Syawal, dan
Arafah
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat mempraktikkan puasa senin-kamis, puasa Syawal, dan puasa Arafah.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely
)
Kejujuran
Materi
Pembelajaran
- Praktik puasa senin-kamis
- Praktik puasa Syawal
- Praktik puasa Arafah
Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab
- Tugas pembiasaan
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai tatacara puasa.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas yang harus dilakukan siswa.
2). Elaborasi
- Siswa melakukan kegiatan pembiasaan puasa senin-kamis, puasa Syawal, dan puasa Arafah.
- Siswa melaporkan kegiatannya.
- Siswa menuliskan kesan-kesannya.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan
Penutup
¨
Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat
atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber
Belajar
·
Buku PAI Kelas
VIII .
·
LKS MGMP PAI SMP
/ MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Menjelaskan tatacara puasa sunnah Senin-Kamis,
Syawal, dan Arafah.
§ Mempraktikkan puasa sunnah Senin-Kamis, Syawal, dan
Arafah pada waktunya.
|
Unjuk kerja
|
Tes simulasi
|
§ jelaskan tatacara puasa sunnah Senin-Kamis, Syawal,
dan Arafah.
§ praktikkan puasa sunnah Senin-Kamis, Syawal, dan
Arafah pada waktunya.
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala
Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
VIII/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
8. Menjelaskan pengertian zakat fitrah dan zakat mal
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
8.1. Menjelaskan pengertian zakat fitrah dan zakat mal
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat mamahami pengertian dan ketentuan zakat.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely
)
Kemanusiaan ( Humanity
)
Materi
Pembelajaran
- Pengertian zakat
- Macam-macam zakat
- Waktu pelaksanaan zakat fitrah
- Besarnya zakat fitrah
- Jenis-jenis harta yang wajib dikeluarkan zakatnya
- Nisab zakat mal
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya menghindari akhlak tercela.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan pengertian zakat, macam-macam zakat, waktu pelaksanaan zakat fitrah dan besarnya zakat fitrah
2). Elaborasi
- Siswa menelaah lebih dalam menganai Jenis-jenis harta yang wajib dikeluarkan zakatnya serta Nisab zakat mal
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan
Penutup
¨
Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat
atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber
Belajar
·
Buku PAI Kelas
VIII
·
LKS MGMP PAI SMP
/ MTS
·
Mushaf Al-Quran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Menjelaskan pengertian zakat dan dasar hukumnya.
§ Menjelaskan macam-macam zakat.
§ Menjelaskan syarat mengeluarkan zakat.
§ Menjelaskan waktu mengeluarkan zakat.
§ Menyebutkan jenis harta yang wajib dizakati.
§ Menyebutkan dalil naqli terkait dengan zakat fitrah
dan zakat mal.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
§ Jelasakan pengertian zakat!
§ Sebutkan macam-macam zakat!
§ Berapa besarnya zakat fitrah?!
§ Kapan waktu pelaksanaan zakat fitrah!
§
Jelaskan nisab
zakat mal!
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
VIII/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
8. Memahami zakat
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
8.2. Membedakan antara zakat fitrah dan zakat mal
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat menjelasakan perbedaan pengertian zakat fitrah dan mal serta perbedaan ketentuan zakat fitrah dengan zakat mal.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely
)
Kemanusiaan ( Humanity
)
Materi
Pembelajaran
- Perbedaan pengertian zakat fitrah dan mal
- Perbedaan ketentuan zakat fitrah dengan zakat mal
Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab
- Diskusi
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas diskusi yang harus dilakukan siswa.
2). Elaborasi
- Siswa berdiskusi untuk mencari perbedaan zakat fitrah dan mal.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
- Siswa melaporkan hasilnya.
Kegiatan
Penutup
¨
Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat
atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber
Belajar
·
Buku PAI Kelas
VIII .
·
LKS MGMP PAI SMP
/ MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Menjelaskan ketentuan zakat fitrah.
§ Menjelaskan ketentuan zakat mal.
§ Menjelaskan perbedaan antara zakat fitrah dan zakat
mal.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
§ Jelasaan perbedaan pengertian zakat fitrah dan mal!
§ Sebutkan perbedaan ketentuan zakat fitrah dan mal!
|
........................., ................
20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala
Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
VIII/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
8. Menjelaskan pengertian zakat fitrah dan zakat mal
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
8.3. Menjelaskan
orang yang berhak menerima zakat fitrah dan zakat mal
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat menyebutkan orang-orang yang berhak menerima zakat mal dan fitrah dengan membaca dan mengartikan dalil naqli tentang orang-orang yang berhak menerima zakat
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely
)
Kemanusiaan ( Humanity
)
Materi
Pembelajaran
- Dalil naqli tentang orang-orang yang berhak menerima zakat
- Orang-orang yang berhak menerima zakat mal dan fitrah
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa pengertian zakat fitrah dan zakat mal.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa.
2). Elaborasi
- Siswa berlatih membaca dalil naqli tentang orang-orang yang berhak menerima zakat.
3) Konfirmasi
- Siswa mengklasifikasi dan menjelasakan orang-orang yang berhak menerima zakat.
Kegiatan
Penutup
¨
Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat
atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber
Belajar
·
Buku PAI Kelas
VIII .
·
LKS MGMP PAI SMP
/ MTS
·
Mushaf Al-Quran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Menunjukkan dalil naqli tentang orang yang berhak
meneriman zakat.
§ Menjelaskan orang yang berhak menerima zakat fitrah.
§ Menjelaskan orang yang berhak menerima zakat mal.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
§ Jelasakan orang-orang yang berhak menerima zakat!
§ Tulislah dalil naqli tentang orang-orang yang berhak
menerima zakat!
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala
Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
VIII/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
8. Memahami zakat
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
8.4. Memperaktikkan pelaksanaan zakat fitrah dan zakat mal
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa mempraktikkan zakat fitrah dan mensimulasikan pelaksanaan zakat mal.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely
)
Kemanusiaan ( Humanity
)
Materi
Pembelajaran
- Praktik zakat fitrah
- Simulasi pelaksanaan zakat mal
Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab
- Simulasi
- Demonstrasi
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas yang harus dilakukan siswa.
2). Elaborasi
- Siswa melakukan praktik melaksanakan zakat fitrah danmensimulasikan pelaksanaan zakat mal.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan
Penutup
¨
Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat
atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber
Belajar
·
Buku PAI Kelas
VIII .
·
LKS MGMP PAI SMP
/ MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§
Mendemonstrasikan
praktik pelaksanaan zakat fitrah di sekolah.
§ Mendemonstrasikan praktik pelaksanaan zakat mal di
sekolah.
|
Unjuk kerja
|
Tes identifikasi
|
§
Praktikkan
pelaksanaan zakat fitrah!
§
Simulasikan
pelaksanaan zakat mal!
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala
Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
VIII/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
9. Memahami Sejarah Nabi
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
9.1. Menceritakan
sejarah Nabi Muhammad SAW dalam
membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat menceritakan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun kegiatan perekonomian dan an menceritakan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun sistem perdagangan yang menjunjung nilai-nilai kejujuran.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely
)
Kemanusiaan ( Humanity
)
Materi
Pembelajaran
- Sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun kegiatan perekonomian.
- Sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun sistem perdagangan yang menjunjung nilai-nilai kejujuran.
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- Diskusi
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya kerja keras seperti yang dilakukan Nabi.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menceritakan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun kegiatan perekonomian
2). Elaborasi
- Siswa menelaah lebih dalam mengenai sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun sistem perdagangan yang menjunjung nilai-nilai kejujuran.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
- Siswa melaporkan hasilnya.
Kegiatan
Penutup
¨
Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat
atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber
Belajar
·
Buku PAI Kelas
VIII .
·
LKS MGMP PAI SMP
/ MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Menceritakan perjalanan Nabi Muhammad Saw. dalam
membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan di Makkah.
§ Menceritakan perjalanan Nabi Muhammad Saw. dalam
membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan di Madinah.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
§ Ceritakan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun
kegiatan perekonomian!
§
Ceritakan sejarah
Nabi Muhammad SAW dalam membangun sistem perdagangan yang menjunjung
nilai-nilai kejujuran!
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
VIII/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
9. Memahami Sejarah Nabi
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
9.2. Meneladani perjuangan Nabi dan para Sahabat di Madinah
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat menjelasakan alasan Nabi Hijrah ke Madinah, menceritakan kejadian-kejadian penting seputar pejuangan Nabi dan para sahabat setelah hijrah.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely
)
Kemanusiaan ( Humanity
)
Materi
Pembelajaran
- Nabi Hijrah ke Madinah
- Reaksi masyarakat Madinah atas kehadiran Nabi dan Para Sahabat dari Makkah.
- Rekasi orang-orang kafir Makkah terhadap kemajuan Islam di Madinah.
- Komitmen Nabi dan Para Sahabat dalam menjaga perjanjian Hudaibiyah.
- Keuletan, ketabahan, serta kesabaran Nabi dan para sahabat dalam berbagai peperangan untuk mempertahankan diri sampai saat peristiwa fathu Makkah.
- Sifat-sifat mulia dan perjuangan khulafaurrasyidin.
Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab
- Diskusi
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil Tentang menjelasakan alasan Nabi Hijrah ke Madinah, menceritakan kejadian-kejadian penting seputar pejuangan Nabi dan para sahabat setelah hijrah.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menceritakan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun kegiatan perekonomian
2). Elaborasi
- Siswa menyaksikan VCD sejarah hijrah nabi ke Madinah dan perjuangan Nabi dan para sahabat periode Madinah.
- Siswa menyusun sinopsis.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
- Siswa melaporkan hasilnya.
Kegiatan
Penutup
¨
Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat
atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber
Belajar
·
Buku PAI Kelas
VIII
·
LKS MGMP PAI SMP
/ MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Menjelaskan
perjuangan Nabi Muhammad Saw. dan para sahabat dalam membangun masyarakat
madani di Madinah.
§ Meneladani
perjuangan Nabi Muhammad Saw. dan para sahabat di Madinah dalam kehidupan
kemasyarakatan di Indonesia.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
§ jelaskan perjuangan Nabi Muhammad Saw. dan para
sahabat dalam membangun masyarakat madani di Madinah.
§ Tulislah sinopsis sejarah nabi dan para sahabat
setelah hijrah ke Madinah!.
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala
Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar