Minggu, 10 Juni 2012
RPP PAI KELAS IX SEMESTER 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP Negeri 2 Sekadau Hilir
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1. Memahami Al-Qur’an surat
at-Tin
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.1. Membaca QS. at-Tin dengan tartil.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit
( 1 pertemuan)
|
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat membaca surat at-Tin dengan fasih, menyalin dengan benar dan hafal dengan lancar
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi Pembelajaran
- Surat at-Tin
Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai keutamaan membaca al-Qur’an.
- Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi .
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
·
Guru
mendemonstrasikan bacaan surat at-Tin.
2). Elaborasi
·
Siswa berlatih
membacanya dengan metode tutir sebaya.
·
menyampaikan
kesulitan-kesulitan yang dialami dalam kelompok masing-masing, guru sebagai
fasilitator.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan
Penutup
·
Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat
atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas
IX , Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI SMP
/ MTS
·
Mushaf Al-Quran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§
Membaca
potongan-potongan ayat dalam QS. at-Tin dengan benar.
§
Membaca
keseluruhan ayat dalam QS. at-Tin dengan tartil dan benar.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
§
Bacalah surat
at-Tin dengan fasih, kemudian hafalkan!
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP
NIP
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1. Memahami Al-Qur’an surat
at-Tin
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.2. Menyebutkan
arti QS at-Tin
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat membaca arti mufradad surat at-Tin, mengartikan surat at-Tin, dan dapat menjelaskan kandungan ayat surat at-Tin.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi Pembelajaran
- Arti mufradad surat at-Tin
- Arti surat at-Tin
- Kandungan ayat surat at-Tin
Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apresepsi
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
·
Guru
mendemonstrasikan bacaan surat QS at-Tin.
2). Elaborasi
·
Siswa membaca arti
mufradad.
·
Siswa berlatih
mengartikan ayat demi ayat berdasarkan arti mufradadnya dalam kelompok
masing-masing dengan bimbingan .
·
menyampaikan
kesulitan yang dialami kepada guru, guru bertindak sebagai fasilitator.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan
Penutup
·
Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau
tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas
IX , Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI SMP
/ MTS
·
Mushaf Al-Quran
·
VCD pembelajaran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Mengartikan masing-masing kata dalam QS. at-Tin
dengan benar.
§ Mengartikan masing-masing ayat dalam QS. at-Tin
dengan benar.
§ Mengartikan keseluruhan ayat dalam QS. at-Tin dengan
benar.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
Tes
isian
|
§ Lafaz وطور سينين artinya ....
§ Lafaz لقد خلقنا
artinya ....
§ Lafaz أحسن تقويم artinya ....
§ Tulislah arti surat at-Tin ayat 4!
§
Tulislah arti
surat at-Tin ayat 4!
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP
NIP
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1. Memahami Al-Qur’an surat
at-Tin
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.3.
Menjelaskan makna QS. at-Tin.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit
( 1 pertemuan)
|
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat Menjelaskan makna setiap ayat yang ada dalam QS. at-Tin dengan benar.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi Pembelajaran
- makna QS. at-Tin.
Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apresepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai makna setiap ayat yang ada dalam QS. at-Tin dengan benar.
- Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan makna Al Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi .
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru Menjelaskan makna setiap ayat yang ada dalam QS. at-Tin.
2). Elaborasi
·
Siswa membaca dan
mengkaji buku-buku tafsir untuk memahami makna QS. at-Tin.
·
Menjelaskan pesan-pesan pokok dari QS.
at-Tin.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
·
Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat
atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas
IX , Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI SMP
/ MTS
·
Mushaf Al-Quran
·
VCD pembelajaran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Menjelaskan makna setiap ayat yang ada dalam QS.
at-Tin dengan benar.
§ Menjelaskan pesan-pesan pokok dari QS. at-Tin.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
Tes
isian
|
§ jelaskan makna setiap ayat yang ada dalam QS. at-Tin
dengan benar.
§ jelaskan pesan-pesan pokok dari QS. at-Tin.
|
Bentuk
Instrumen
·
Lembar penilaian
diri /skala sikap
Instrumen
Soal
|
Pernyataan
|
Selalu
|
Sering
|
Jarang
|
Tidak Pernah
|
Skor 0
|
Skor 1
|
Skor 2
|
Skor 3
|
||
1
|
Saya melaksanakan
perintah orang tua kalau diberi hadiah
|
|
|
|
|
2
|
Ketika ulangan saya
berusaha agar mendapat nilai bagus walaupun harus menyontek
|
|
|
|
|
3
|
Ketika teman-teman
merokok saya ikut-ikutan
|
|
|
|
|
4
|
Saya tidak usah
berusaha karena kaya dan miskin sudah menjadi takdir Allah SWT
|
|
|
|
|
5
|
Saya telat membayar
uang sekolah karena saya menerapkan sikap sabar
|
|
|
|
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP
NIP
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
2. Memahami Ajaran Al – Hadits
tentang menuntut ilmu
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
2.1. Membaca hadits tentang menuntut
ilmu
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit
( 1 pertemuan)
|
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat membaca hadits tentang menuntut ilmu dengan fasih dengan fasih, menyalin dengan benar dan hafal dengan lancar
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi Pembelajaran
- Hadits tentang menuntut ilmu dengan fasih
Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
·
Guru
mendemonstrasikan bacaan hadits tentang menuntut ilmu dengan fasih.
2). Elaborasi
·
Siswa berlatih
membacanya dengan metode tutir sebaya.
·
menyampaikan
kesulitan-kesulitan yang dialami dalam kelompok masing-masing, guru sebagai
fasilitator.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
·
Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat
atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas
IX , Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI SMP
/ MTS
·
Mushaf Al-Quran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Membaca setiap kata yang ada dalam al-Hadits tentang
menuntut ilmu dengan benar.
§ Membaca keseluruhan al-Hadits tentang menuntut ilmu
dengan benar.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
Tes
isian
|
Bacalah hadits tentang menuntut ilmu dengan fasih
dengan fasih, kemudian hafalkan!
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP
NIP
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
2. Memahami Ajaran Al – Hadits
tentang menuntut ilmu
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
2.2. Menyebutkan
arti hadits tentang menuntut ilmu
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat membaca arti mufradad hadits tentang menuntut ilmu, mengartikan hadits tentang menuntut ilmu, dan dapat menjelaskan kandungan hadits tentang menuntut ilmu.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely)
Kemanusiaan ( Humanity
)
Materi Pembelajaran
- Arti mufradad hadits tentang menuntut ilmu
- Arti surat hadits tentang menuntut ilmu
- Kandungan hadits tentang menuntut ilmu
Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apresepsi
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
·
Guru menjelaskan
kandungan hadits tentang menuntut ilmu.
2). Elaborasi
·
Siswa membaca
arti mufradad.
·
Siswa berlatih
mengartikan hadits tentang menuntut ilmu berdasarkan arti mufradadnya dalam
kelompok masing-masing dengan bimbingan .
3) Konfirmasi
·
menyampaikan
kesulitan yang dialami kepada guru, guru bertindak sebagai fasilitator.
Kegiatan
Penutup
·
Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat
atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas
IX , Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI
SMP/MTS
·
Mushaf Al-Quran
·
VCD pembelajaran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Mengartikan setiap kata yang ada dalam al-Hadits
tentang menuntut ilmu dengan benar.
§ Mengartikan keseluruhan al-Hadits tentang menuntut
ilmu dengan benar.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
Tes
isian
|
§ Lafaz النظافة artinya ....
§ Lafaz من الإيمان
artinya ....
§ Lafaz نظيف artinya
....
§ Tulislah arti hadits tentang menuntut ilmu yang
menyatakanbahwa menuntut ilmu itu sebagian dai iman!
§
Tulislah
artinya!
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP
NIP
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
2. Memahami al-Hadits tentang menuntut
ilmu
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
2.3. Menyebutkan
hadits tentang menuntut ilmu
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat mensimulasikan sikap berserah menjaga menuntut ilmu serta membiasakannya dalam kehidupan sehari-hari.
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely)
Materi Pembelajaran
- Sikap menjaga menuntut ilmu.
- Pembiasaan diri menjaga menuntut ilmu.
Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apresepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai makna kandungan hadits tentang menuntut ilmu.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
·
Guru menjelaskan
Sikap menjaga menuntut ilmu.
2). Elaborasi
·
Siswa melakukan
kegiatan pembiasaan berserah diri dalam setiap aktifitas belajar maupun
pekerjaan yang lain.
·
Siswa
melaporkankegiatannya.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
·
Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat
atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas
IX , Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI SMP
/ MTS
·
Mushaf Al-Quran
·
VCD pembelajaran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Menjelaskan makna yang terkandung dalam al-Hadits
tentang menuntut ilmu.
§ Menjelaskan arti menuntut ilmu seperti yang
terkandung dalam al-Hadits.
§ Menjelaskan prinsip-prinsip menuntut ilmu seperti
terdapat dalam al-Hadits.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
Tes
isian
|
§ jelaskan makna yang terkandung dalam al-Hadits
tentang menuntut ilmu.
§ Jelaskan arti menuntut ilmu seperti yang terkandung
dalam al-Hadits.
§ jelaskan prinsip-prinsip menuntut ilmu seperti
terdapat dalam al-Hadits.
|
Bentuk
Instrumen
·
Lembar penilaian
diri skala sikap
Instrumen
Soal
|
Pernyataan
|
Selalu
|
Sering
|
Jarang
|
Tidak Pernah
|
Skor 0
|
Skor 1
|
Skor 2
|
Skor 3
|
||
1
|
Saya memakai pakaian
yang bersih dan rapi
|
|
|
|
|
2
|
Ketika akan shalat saya
pasti wudu dan menggunakan pakaian yang suci
|
|
|
|
|
3
|
Saya mandi sehari
paling tidak dua kali
|
|
|
|
|
4
|
Saya memotong kuku
seminggu sekali
|
|
|
|
|
5
|
Ketika melihat sampah
yang tercecer saya buang di tempat sampah.
|
|
|
|
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
3. Meningkatkan keimanan kepada
Hari Akhir
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.1. Menjelaskan pengertian beriman
kepada Hari Akhir
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat mengimani hari akhir, menjelasakan kehidupan dunia hanya sementara, serta menjelaskan fungsinya.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely)
Materi Pembelajaran
- Pengertian iman kepada hari akhir
- Kehidupan dunia yang bersifat sementara
- Fungsi beriman kepada hari akhir dalam kehidupan
Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apresepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya memahami iman kepada hari akhir.
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group).
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru memberikan gambaran mengenai dhsyatnya hari akhir.
2). Elaborasi
- Siswa berlatih membaca dalil naqli mengenai hari akhir dengan metode .
- Siswa berdiskusi tentang kehidupan dunia yang hanya sementara.
3) Konfirmasi
- Siswa menelaah lebih mendalam mengenai fungsi beriman kepada hari akhir..
Kegiatan
Penutup
¨ Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai
kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak
?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas
IX , Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI
SMP/MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Menjelaskan pengertian hari akhir.
§ Menjelaskan nama-nama hari akhir.
§ Menjelaskan berbagai peristiwa terkait dengan hari
akhir.
§ Menjelaskan pengertian beriman kepada hari akhir
§ Menjelaskan hikmah beriman kepada hari akhir.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
§ Jelaskan pengertian iman kepada hari akhirl!
§ Ceritakan kejadian hari akhir!
§ Tulislah ayat tentang hari akhir!
§ Jelaskan tanda-tanda hari akhir!
§
Jelasakan
fungsi beriman kepada hari akhir!
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP
NIP
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
3. Meningkatkan keimanan kepada
Hari Akhir
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.2. Menyebutkan ayat Al-Qur’an yang
berkaitan dengan hari Akhir
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat membaca dan mengartikan dalil naqli dan aqli tentang hari akhir dan adanya pembalasan amal baik dan buruk manusia.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely)
Materi Pembelajaran
- Dalil naqli dan aqli tentang hari akhir
- Dalil naqli tentang adanya pembalasan amal baik dan buruk manusia
Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Diskusi
- CTL
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Aprsepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya mengartikan dalil naqli dan aqli tentang hari akhir.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru mendemonstrasikan ayat-ayat yang berhubungan dengan ahri akhir.
2). Elaborasi
- Siswa berlatih membaca dan mengartikan dengan metode .
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
- Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas
IX , Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI
SMP/MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Menyebutkan ayat-ayat al-Quran yang menegaskan iman
kepada hari akhir.
§ Menyebutkan ayat-ayat al-Quran yang menjelaskan
tanda-tanda datangnya hari akhir.
§ Menyebutkan ayat-ayat al-Quran yang menjelaskan
berbagai peristiwa yang terjadi pada hari akhir.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
§ Sebutkan ayat-ayat al-Quran yang menegaskan iman
kepada hari akhir.
§ Sebutkan ayat-ayat al-Quran yang menjelaskan
tanda-tanda datangnya hari akhir.
§ Sebutkan ayat-ayat al-Quran yang menjelaskan
berbagai peristiwa yang terjadi pada hari akhir.
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
3. Meningkatkan keimanan kepada
Hari Akhir
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.3. Menampilkan sikap mencintai
Al-Qur’an sebagai Kitab Allah
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan Pembelajaran
- Siswa membiasakan diri tadarus al-Qur'an dan berperilaku yang sesuai dengan ajaran al-Qur'an.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely)
Materi Pembelajaran
- Tadarus al-Qur'an
- Perilaku yang sesuai dengan ajaran al-Qur'an
Metode Pembelajaran
- Penugasan
- CTL
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Aprsepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya sikap mencintai Al-Qur’an sebagai Kitab Allah.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru memberikan penjelasan mengenai langkah-langkah kegiatan tadarus al-Quran.
2). Elaborasi
- Siswa melakaukan kegiatan tadarus di rumah selama satu minggu.
- Siswa mendeskripsikan kesan-kesannya.
3) Konfirmasi
- Siswa melaporkan hasil kegiatannya secara tertulis.
Kegiatan
Penutup
- Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas
IX , Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI
SMP/MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
·
Menjelaskan
pengertian kiamat sughra dan tanda-tandanya seperti terkandung dalam al-Quran
dan al-Hadits.
·
Menjelaskan
pengertian kiamat kubra dan tanda-tandanya seperti terkandung dalam al-Quran
dan al-Hadits.
·
Menjelaskan
proses kejadian kiamat sughra dan kubra seperti terkandung dalam al-Quran dan
al-Hadits.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
§ jelaskan pengertian kiamat sughra dan tanda-tandanya
seperti terkandung dalam al-Quran dan al-Hadits.
§ jelaskan pengertian kiamat kubra dan tanda-tandanya
seperti terkandung dalam al-Quran dan al-Hadits.
§ jelaskan proses kejadian kiamat sughra dan kubra
seperti terkandung dalam al-Quran dan al-Hadits.
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP
NIP
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
4. Membiasakan perilaku terpuji
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
4.1. Menjelaskan pengertian tasamuh
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat menjelaskan tasamuh, membaca dan mengartikan dalil naqlinya, serta menjelaskan fungsinya dalam kehidupan.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely)
Materi Pembelajaran
- Pengertian tasamuh
- Dalil naqli tentang tasamuh
- Fungsi tasamuh dalam kehidupan
Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apresepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya berakhlak mulia.
- Guru membagi siswa menjadi kelompok-kelompok kecil (small group)
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan pengertian tasamuh.
2). Elaborasi
- Siswa menelaah lebih dalam mengenai tasamuh.
- Siswa berlatih membaca dalil naqli tentang tasamuh dengan metode .
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
¨ Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai
kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak
?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas
IX , Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI SMP
/ MTS
·
Mushaf Al-Quran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
·
Menjelaskan
pengertian qana'ah dan menyebutkan dalilnya.
·
Menjelaskan
pengertian tasamuh dan menyebutkan dalilnya.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
·
Jelaskan
pengertian qanaah!
·
Jelakan
pengertian tasamuh!
·
Jelaskan
ciri-ciri qana’ah!
·
Apakah fungsi
qanaah?
·
Tulislah dalil
naqli tentang tasamuh!
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP
NIP
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
4. Membiasakan perilaku terpuji
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
4.2. Menampilkan contoh perilaku tasamuh
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh perilaku tasamuh dalam kehidupan dan menyukainya.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi Pembelajaran
- Contoh-contoh perilaku tasamuh dalam kehidupan.
Metode Pembelajaran
- Tanya jawab
- Diskusi
- Penugasan
- CTL
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apresepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai indahnya berakhlak mulia.
- Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas yang harus dilakukan siswa.
2). Elaborasi
- Siswa berdiskusi untuk mencari contoh-contoh nyata perilaku tasamuh dalam kehidupan.
3) Konfirmasi
- Siswa melaporkan hasilnya.
Kegiatan
Penutup
¨ Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai
kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak
?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas
IX , Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI SMP
/ MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
·
Menunjukkan
contoh-contoh perilaku qana’ah dalam kehidupan sehari-hari.
·
Menunjukkan
contoh-contoh perilaku tasamuh dalam kehidupan sehari-hari.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
·
Ceritakan
contoh penerapan qana’ah!
·
Ceritakan
contoh penerapan tasamuh!
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP
NIP
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
4. Membiasakan perilaku terpuji
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
4.3. Membiasakan perilaku qana'ah dan tasamuh dalam kehidupan sehari-hari.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat membiasakan diri berperilaku tasamuh dalam kehidupan serta merasakan manfaatnya.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi Pembelajaran
- Pembiasaan perilaku tasamuh dalam kehidupan
- Manfaat berperilaku tasamuh dalam kehidupan
Metode Pembelajaran
- Tanya jawab
- Modeling
- CTL
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
- Apresepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai indahnya berakhlak mulia.
- Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas yang harus dilakukan siswa.
2). Elaborasi
- Siswa melakukan simulasi perilaku tasamuh.
3) Konfirmasi
- Siswa menuliskan kesan-kesannya.
Kegiatan
Penutup
¨ Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai
kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak
?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas
IX , Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI SMP
/ MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
·
Membiasakan
perilaku qana'ah dan tasamuh dalam lingkungan keluarga.
·
Membiasakan
perilaku qana'ah dan tasamuh dalam lingkungan sekolah.
·
Membiasakan
perilaku qana'ah dan tasamuh dalam lingkungan masyarakat.
|
Tes tertulis
|
Tes simulasi
|
·
Simulasikan
sikap anak yang toleran terhadap kawannya yang bukan muslim!
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP
NIP
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
5. Memahami hukum Islam tentang
penyembelihan hewan
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
5.1. Menjelaskan tatacara
penyembelihan hewan
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat menjelaskan pengertian, syarat-syarat, hal-hal yang makruh, dalil naqli, dan tatacara penyembelihan hewan.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely)
Kemanusiaan ( Humanity
)
Materi Pembelajaran
- Pengertian penyembelihan hewan
- Syarat-syarat penyembelihan.
- Dalil naqli tentang penyembelihan hewan.
- Hal-hal yang makruh dalam menyembelih.
- Tatacara menyembelih hewan.
Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya menghindari akhlak tercela.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan pengertian zakat, macam-macam zakat, waktu pelaksanaan zakat fitrah dan besarnya zakat fitrah
2). Elaborasi
- Siswa menelaah lebih dalam menganai Jenis-jenis harta yang wajib dikeluarkan zakatnya serta Nisab zakat mal
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
¨ Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan
belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas
IX , Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI SMP
/ MTS
·
Mushaf Al-Quran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
·
Menjelaskan
pengertian penyembelihan hewan dan dasar hukumnya.
·
Menjelaskan
tatacara penyembelihan hewan yang baik dan benar.
·
Menunjukkan
dalil naqli terkait dengan penyembelihan hewan.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
·
Apa dasar hukum
dilakukannya penyembelihan hewan?
·
Jelaskan secara
singkat tentang tata cara penyembelihan hewan yang benar menurut hukum Islam!
·
Carilah
ayat-ayat al-Quran yang terkait dengan penyembelihan hewan lalu tuliskan
dalam buku kerja kalian!
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP
NIP
Saran Kepala Sekolah :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
5. Memahami hukum Islam tentang
penyembelihan hewan
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
5.2. Menjelaskan ketentuan aqiqah dan
qurban
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat menjelasakan ketentuan aqiqah dan qurban.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely)
Kemanusiaan ( Humanity
)
Materi Pembelajaran
- Pengertian qurban.
- Dalil naqli hukum pelaksanaan qurban..
- Waktu pelaksanaan qurban.
- Ketentuan hewan qurban
- Pembagian daging qurban.
- Pengertian aqiqah
- Dalil naqli hukum pelaksanaan aqiqah.
- Waktu pelaksanaan aqiqah.
- Ketentuan hewan aqiqah.
- Pembagian daging aqiqah.
Metode Pembelajaran
- Tanya jawab
- Diskusi
- CTL
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas diskusi yang harus dilakukan siswa.
2). Elaborasi
- Siswa berdiskusi untuk mencari perbedaan zakat fitrah dan mal.
3) Konfirmasi
- Siswa melaporkan hasilnya.
Kegiatan
Penutup
¨ Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai
kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak
?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas
IX , Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI
SMP/MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
¨
Menjelaskan
pengertian aqiqah dan qurban serta dasar hukumnya.
¨
Menjelaskan
syarat-syarat aqiqah dan qurban.
¨
Menjelaskan
perbedaan antara aqiqah dan qurban.
¨
Menyebutkan
dalil naqli terkait dengan aqiqah dan qurban
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
¨
Apa yang
dimaksud dengan qurban?
¨
Sebutkan
syara-syarat hewan untuk aqiqah dan qurban!
¨
Jelaskan
perbedaan antara aqiqah dan qurban!
¨
Carilah
ayat-ayat al-Quran terkait
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP
NIP
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
5. Memahami hukum Islam tentang
penyembelihan hewan
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
5.3. Memperagakan cara penyembelihan
hewan aqiqah dan hewan qurban
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat memperagakan cara penyembelihan hewan aqiqah dan hewan qurban.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely)
Kemanusiaan ( Humanity
)
Materi Pembelajaran
- Doa/lafaz sebelum menyembelih binatang.
- Praktik cara menyembelih binatang qurban dan aqiqah.
Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya cara penyembelihan hewan aqiqah dan hewan qurban.
- Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa.
2). Elaborasi
- Siswa berlatih membaca dalil naqli tentang orang-orang yang berhak menerima zakat.
- Siswa mengklasifikasi danmenjelasakan orang-orang yang berhak menerima zakat.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
¨ Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai
kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak
?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas
IX , Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI
SMP/MTS
·
Mushaf Al-Quran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
¨
Menjelaskan
tatacara penyembelihan hewan aqiqah dan qurban.
¨
Memperagakan
penyembelihan hewan aqiqah dan qurban di depan kelas.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
¨
Jelaskan
tatacara penyembelihan hewan aqiqah dan qurban!
¨
Peragakan cara
penyembelihan hewan qurban dan aqiqah di hadapan teman-teman kalian!
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP
NIP
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
6. Memahami hukum Islam tentang Haji
dan Umrah
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
6.1. Menyebutkan pengertian dan
ketentuan haji dan umrah
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat mamahami ketentuan haji dan umrah.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely)
Kemanusiaan ( Humanity
)
Materi Pembelajaran
- Pengertian haji dan umrah.
- Dalil naqli tentang haji dan umrah.
- Hukum melaksanakan ibdah haji dan umrah.
- Syarat-syarat haji dan umrah.
- Rukun haji dan umrah.
- Wajib haji dan umrah.
- Sunah haji dan umrah
- Larangan bagi orang yang melaksanakan haji dan umrah.
- Dam dalam haji dan umrah.
Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya menghindari akhlak tercela.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan pengertian zakat, macam-macam zakat, waktu pelaksanaan zakat fitrah dan besarnya zakat fitrah
2). Elaborasi
- Siswa menelaah lebih dalam menganai Jenis-jenis harta yang wajib dikeluarkan zakatnya serta Nisab zakat mal
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
¨ Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai
kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak
?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas
IX , Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI SMP
/ MTS
·
Mushaf Al-Quran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
¨
Menjelaskan
pengertian haji dan umrah serta dasar hukumnya.
¨
Menjelaskan
syarat-syarat haji dan umrah.
¨
Menjelaskan
rukun dan wajib haji serta perbedaan antara keduanya.
¨
Menjelaskan
rukun umrah.
¨
Menjelaskan
sunnah haji dan umrah.
¨
Menjelaskan
larangan-larangan pada waktu melaksanakan ibadah haji dan umrah.
¨
Menunjukkan
dalil naqli terkait dengan ibadah haji dan umrah.
¨
Menjelaskan
hikmah dan fungsi ibadah haji dan umrah.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
¨
Jelaskan apa
yang dimaksud dengan haji dan umrah!
¨
Sebutkan
syarat-syarat haji dan umrah!
¨
Jelaskan
perbedaan antara
¨
Jelaskan
rukun-rukun umrah yang kalian ketahui!
¨
Sebutkan beberapa
sunnah haji dan umrah!
¨
Sebutkan dua
macam larangan yang dilkukan pada waktu melaksanakan ibadah haji!
¨
Carilah dalil
naqli baik dari ayat-ayat al-Quran maupun hadits terkait dengan ibadah haji
dan umrah lalu tuliskan dalam buku kerja kalian!
¨
Cobalah kalian
lakukan identifikasi tentang hikmah dan fungsi ibadah haji dan umrah terkait
dengan perilaku kita sehari-hari!
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP
NIP
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
6. Memahami hukum Islam tentang Haji
dan Umrah
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
6.2. Memperagakan pelaksanaan ibadah
haji dan umrah
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat Memperagakan pelaksanaan ibadah haji dan umrah.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely)
Kemanusiaan ( Humanity
)
Materi Pembelajaran
- Bentuk-bentuk pelaksanakan ibadah haji dan umrah
- Manasik haji dan umrah
Metode Pembelajaran
- Tanya jawab
- Diskusi
- CTL
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas diskusi yang harus dilakukan siswa.
2). Elaborasi
- Siswa berdiskusi untuk mencari perbedaan zakat fitrah dan mal.
3) Konfirmasi
- Siswa melaporkan hasilnya.
Kegiatan
Penutup
¨ Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai
kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak
?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas
IX , Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI
SMP/MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
¨
Menjelaskan
bentuk-bentuk pelaksanaan ibadah haji dan umrah.
¨
Menjelaskan
tatacara pelaksanaan ibadah haji dan umrah.
¨
Memperagakan
pelaksanaan ibadah haji dan umrah dengan melakukan manasik haji di sekolah.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
1.
Pelaksanaan ibadah haji dengan mendahulukan umrah atas haji disebut...
a. haji tamattu’
b. haji qiran
c. haji ifrad
d. haji wada’
2.
Jelaskan dengan singkat urutan-urutan pelaksanaan ibadah haji dan umrah!
3.
Peragakan pelaksanaan tawaf yang benar lengkap dengan bacaannya!
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP
NIP
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
7. Memahami sejarah perkembangan Islam
di Nusantara
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
7.1. Menceritakan sejarah masuknya
Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely)
Kebangsaan (cityzenship )
Materi Pembelajaran
- Sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan.
- Sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui kegiatan sosial.
- Sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui pengajaran.
Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- Diskusi
- CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya kerja keras seperti yang dilakukan Nabi.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menceritakan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun kegiatan perekonomian
2). Elaborasi
- Siswa menelaah lebih dalam mengenai sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun sistem perdagangan yang menjunjung nilai-nilai kejujuran.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
¨ Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai
kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak
?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas
IX , Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI
SMP/MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
1.
Menceritakan
sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan.
2.
Menceritakan
sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui hubungan sosial.
3. Menceritakan sejarah
masuknya Islam di Nusantara melalui pendidikan dan pengajaran.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
1.
Ceritakan dengan singkat sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui
perdagangan!
2.
Jelaskan dengan singkat sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui hubungan
sosial!
3.
Jelaskan dengan singkat sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui
pendidikan dan perdagangan!
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP
NIP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
7. Memahami sejarah perkembangan Islam
di Nusantara
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
7.2. Menceritakan sejarah beberapa
kerajaan Islam di Jawa, Sumatera dan Sulawesi
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 X 40 menit ( 2 pertemuan)
|
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa, Sumatera dan Sulawesi.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely)
Kebangsaan (cityzenship )
Materi Pembelajaran
- Sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa
- Sejarah beberapa kerajaan Islam di Sumatera
- Sejarah beberapa kerajaan Islam di Sulawesi
Metode Pembelajaran
- Tanya jawab
- Diskusi
- CTL
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan
Pertama dan kedua
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Siswa menyaksikan VCD sejarah hijrah nabi ke Madinah dan perjuangan Nabi dan para sahabat periode Madinah.
2). Elaborasi
- Siswa menyusun sinopsis.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
- Guru bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
- Guru melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
- Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
- Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
- Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas
IX , Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI SMP
/ MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
1.
Menceritakan
beberapa kerajaan Islam di Jawa.
2.
Menceritakan
beberapa kerajaan Islam di Sumatera.
3.
Menceritakan
beberapa kerajaan Islam di Sulawesi.
4. Menceritakan beberapa
kerajaan Islam di luar Jawa, Sumatera, dan Sulawesi.
|
Tes lisan
|
Jawaban singkat
|
1.
Dua di antara kerajaan Islam yang ada di Jawa pada masa lalu adalah ... dan ...
2.
Jelaskan bagaimana akhir pemerintahan kerajaan Samudera Pasai di Sumatera!
3.
Sebutkan beberapa kerajaan Islam yang pernah berkembang di Sulawesi!
4.
Sebutkan beberapa kerajaan Islam yang pernah berkembang di luar Jawa,
Sumatera, dan Sulawesi!
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP
NIP
Langganan:
Postingan (Atom)