RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP Negeri 2 Sekadau Hilir
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
VIII/2
|
Standar Kompetensi
|
:
|
10. Menerapkan Hukum
Bacaan Mad Dan Waqaf
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
10.1. Menjelaskan Hukum Bacaan Mad Dan Waqaf
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4
X 40 Menit ( 2 Pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat memahami pengertian dan pembagian mad, menjelaskan pengertian waqaf, membedakan bacaan waqaf dengan washal serta menyebutkan pembagian waqaf.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely
)
Kemanusiaan ( Humanity
)
Materi
Pembelajaran
- Pengertian mad
- Pembagian mad
- Pengertian waqaf
- Perbedaan bacaan waqaf dengan washal
- Pembagian waqaf
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
Kegiatan
Pendahuluan
- Guru bertanya mengenai ilmu tajwid.
- Guru memotivasi siswa mengenai keutamaan belajar ilmu tajwid dan manfaatnya.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru memahami pengertian dan pembagian mad, menjelaskan pengertian waqaf, membedakan bacaan waqaf dengan washal serta menyebutkan pembagian waqaf
2). Elaborasi
·
Guru menjelaskan
ketentuan-ketentuan bacaan mad serta pembagiannya.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan
Penutup
·
Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat
atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Pertemuan
Kedua
Kegiatan
Pendahuluan
- Guru bertanya mengenai ilmu tajwid.
- Guru memotivasi siswa mengenai keutamaan belajar ilmu tajwid dan manfaatnya.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
·
Guru menjelaskan
ketentuan waqaf, pembagian, serta tanda-tandanya.
2). Elaborasi
·
Guru menjelaskan
perbedaan waqaf dengan washal.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan
Penutup
·
Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat
atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas
VIII
·
LKS MGMP PAI SMP
/ MTS
·
Mushaf Al-Quran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§
Menjelaskan
pengertian hukum bacaan Mad.
§
Menjelaskan
macam-macam hukum bacaan mad dan contoh-contohnya.
§
Menjelaskan
pengertian hukum bacaan waqaf dan washal.
§ Menjelaskan macam-macam hukum bacaan waqaf dan
contoh-contohnya.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
§
Jelaskan
pengertian hukum bacaan Mad!
§
Sebutkan
macam-macam mad!
§
Jelasakan
pengertian waqaf!
§
Apakah
perbedaan antara waqaf dengan washal?
§
Sebutkan
tanda-tanda waqaf!
§
Diantara bacaan
di bawah ini yang termasuk bacaan mad jaiz munfashil adalah:
a. حُنَفَآءَ
b. فِيْۤ أَحْسَنِ تَقْوِيَمٍ
c. وَلاَ تَحَآضُّوْنَ
d. بِأَصْحَابِ الْفِيْلِ
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala
Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
VIII/2
|
Standar Kompetensi
|
:
|
10. Menerapkan hukum
bacaan mad dan waqaf
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
10.2. Menunjukkan contoh
hukum bacaan mad dan waqaf dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat memahami cara-cara membaca mad dan ketentuan tanda-tanda waqaf.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely
)
Kemanusiaan ( Humanity
)
Materi
Pembelajaran
- Cara-cara membaca mad
- Tanda-tanda waqaf
- Ketentuan tanda-tanda waqaf
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai hukum bacaan mad dan waqaf dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
·
Guru memaparkan
dan mendemonstrasikan cara-cara mebaca mad, siswa menyimak dan menirukan.
2). Elaborasi
·
Siswa mencari,
menemukan, dan mencocokkan tanda-tanda waqaf dengan tanda waqaf yang ada di
mushaf al-Qur’an.
·
Siswa menelaah
keentuan masing-masing tanda waqaf.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan
Penutup
1.
Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar mengajar hari ini.
Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas
VIII .
·
LKS MGMP PAIPAI
SMP / MTS
·
Mushaf Al-Quran
·
VCD pembelajaran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§
Menunjukkan
beberapa contoh hukum bacaan mad dalam QS. al-Fatihah dan QS. al-Kafirun.
§
Menunjukkan
beberapa contoh hukum bacaan waqaf dalam QS. al-Fatihah dan QS. al-Ikhlash.
|
Tes tertulis
|
Tes isian
|
§
Cara membaca
mad thabi’i adalah dibaca panjang .... alif
§
Cara membaca
mad wajib muttashil adalah dibaca panjang .... alif
§
Cara membaca
mad jaiz munfasil adalah dibaca panjang .... alif
§
ج adalah tanda waqaf....
§
Tanda waqaf
lazim adalah ....
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala Sekolah
:
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
VIII/2
|
Standar Kompetensi
|
:
|
10. Menerapkan hukum
bacaan mad dan waqaf
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
10.3. Mempraktikkan bacaan
mad dan waqaf dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat mempraktekkan bacaan mad dan waqaf dalam ayat-ayat pilihan.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi
Pembelajaran
- Bacaan mad dalam ayat-ayat pilihan
- Bacaan waqaf dalam ayat-ayat pilihan
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi .
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
·
Guru menyajikan
ayat-ayat pilihan yang banyak mengandung bacaan mad dan waqaf.
2). Elaborasi
·
Siswa berlatih
membaca ayat-ayat tersebut dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan .
·
Guru bertindak
sebagai fasilitator.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan
Penutup
·
Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat
atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas
VIII .
·
LKS MGMP PAIPAI
SMP / MTS
·
Mushaf Al-Quran
·
VCD pembelajaran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Mempraktikkan cara membaca bacaan mad.
§ Mempraktikkan cara membaca bacaan yang diwaqafkan
dan yang diwashalkan.
§ Mempraktikkan bacaan Mad dan Waqaf dalam ayat-ayat
QS. al-Baqarah.
|
Tes unjuk kerja
|
Tes identifikasi
|
§ praktikkan cara membaca bacaan mad.
§ praktikkan cara membaca bacaan yang diwaqafkan dan
yang diwashalkan.
§ praktikkan bacaan Mad dan Waqaf dalam ayat-ayat QS.
al-Baqarah.
|
Instrumen
Soal :
Bacalah
ayat berikut ini dengan memperhatikan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati
!
Rubrik/pedoman penilaian :
Aspek yg dinilai
|
Indikator kemampuan
|
Nilai
|
· Kelancaran
· Bacaan mad dan waqaf
· Makhraj
|
·
Membaca dengan lancar
·
Tidak melakukan kesalahan bacaan mad
dan waqaf serta makhrajnya
|
100
|
·
Membaca dengan lancar
·
Melakukan 1-2 kesalahan bacaan mad
dan waqaf
serta makhrajnya
|
90
|
|
·
Melakukan 3-4 kesalahan bacaan mad
dan waqaf serta makhrajnya
|
80
|
|
·
Melakukan 5-6 kesalahan bacaan mad
dan waqaf
serta makhrajnya
|
70
|
|
·
Melakukan 7-8 kesalahan bacaan mad
dan waqaf
serta makhrajnya
|
60
|
|
·
Melakukan lebih dari 8
kesalahan bacaan mad dan waqaf serta
makhrajnya
|
50
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala
Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
VIII/2
|
Standar Kompetensi
|
:
|
11. Meningkatkan keimanan
kepada Rasul Allah
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
11.1. Menjelaskan
pengertian beriman kepada Rasul Allah
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat mengimani Rasul Allah SWT, menjelasakan tugas-tugasnya, serta membaca dalil naqlinya.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely
)
Kemanusiaan ( Humanity
)
Materi
Pembelajaran
- Pengertian iman kepada Rasul Allah SWT
- Dalil naqli tentang rasul-rasul Allah SWT
- Tugas para rasul
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya memahami im,an kepada rasul.
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group).
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan pengertian iman kepada rasul beserta menceritakan betapa mulia tugas para rasul serta beratnya ujian yang dihadapi oleh para rasul dalam menghadapi umatnya.
2). Elaborasi
- Siswa berlatih membaca dalil naqli mengenai para rasul dengan metode .
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
- Siswa menelaah lebih mendalam mengenai tugas para rasul serta membuat kesimpulan.
Kegiatan
Penutup
¨
Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat
atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber
Belajar
·
Buku PAI Kelas
VIII .
·
LKS MGMP PAI SMP
/ MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Menjelaskan pengertian nabi dan rasul.
§ Menjelaskan pengertian iman kepada Rasul Allah.
§ Menyebutkan dalil naqli dan aqli terkait dengan iman
kepada Rasul Allah.
|
Tes
tertulis
|
Tes uraian
|
§ Jelaskan pengertian iman kepada para rasul!
§ Ceritakan kisah perjuangan salah seorang rasul
rasul!
§ Jelasakan tugas para rasul!
§ Tulislah dalil naqli tentang rasul Allah!
§ Tulislah kesan kamu terhadap perjuangan para rasul!
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala
Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
VIII/2
|
Standar Kompetensi
|
:
|
11. Meningkatkan keimanan
kepada Rasul Allah
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
11.2. Menyebutkan nama dan
sifat-sifat Rasul Allah
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat menyebutkan nama-nama rasul Allah, memahami sifat-sifatnya, memahami rasul ulul azmi beserta sifat rasul ulul azmi.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely
)
Materi
Pembelajaran
- Nama-nama rasul Allah SWT
- Sifat-sifat rasul
- Arti sifat-sifat rasul
- Rasul ulul azmi
- Nama-nama rasul ulul azmi
- Sifat rasul ulul azmi
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Diskusi
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Aprsepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai nama-nama rasul Allah, memahami sifat-sifatnya, memahami rasul ulul azmi beserta sifat rasul ulul azmi.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru memberikan penjelasan mengenai nama-nama rasul Allah, sifat-sifatnya, rasul ulul azmi beserta sifat rasul ulul azmi.
2). Elaborasi
- Siswa menyimak, bertanya, serta menyimpulkannya.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan
Penutup
- Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber
Belajar
·
Buku PAI Kelas
VIII .
·
LKS MGMP PAI SMP
/ MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Menyebutkan nama-nama Nabi dan Rasul Allah.
§ Menyebutkan sifat-sifat Nabi dan Rasul Allah.
§ Menyebutkan para Nabi yang termasuk Ulul Azmi dan
menjelaskan keistimewaannya.
|
Tes
tertulis
|
Tes uraian
|
·
Sebutkan
nama-nama rasul Allah SWT !
·
Jelaskan
sifat-sifat rasul!
·
Tulislah arti
sifat-sifat rasul!
·
Jelaskan yang
dimaksud dengan Rasul ulul azmi!
·
Sebutkan
nama-nama rasul ulul azmi!
·
Jelasakan sifat
rasul ulul azmi!
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala
Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
VIII/2
|
Standar Kompetensi
|
:
|
11. Meningkatkan keimanan
kepada Rasul Allah
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
11.3. Meneladani
sifat-sifat Rasulullah SAW
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat meneladani sifat-sifat para rasul dengan membiasakan diri berperilaku seperti sifat para rasul.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely
)
Materi
Pembelajaran
- Cara meneladani sifat-sifat para rasul (siddiq, amanah, tabligh, fathonah)
- Cara meneladani sifat rasul ulul azmi
- Pembiasaan diri berperilaku seperti sifat para rasul
- Kesabaran para rasul ulul azmi
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Diskusi
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Aprsepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai Cara meneladani sifat-sifat para rasul dengan membiasakan diri berperilaku seperti sifat para rasul.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru memberikan penjelasan mengenai Cara meneladani sifat-sifat para rasul (siddiq, amanah, tabligh, fathonah).
2). Elaborasi
- Siswa berdiskusi mengenai aktualisasi cara meneladani sifat para rasul (siddiq, amanah, tabligh, fathonah.
- Siswa melakukan kegiatan pembiasaan menladani sifat-sifat para rasul.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan
Penutup
- Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber
Belajar
·
Buku PAI Kelas
VIII .
·
LKS MGMP PAI SMP
/ MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Menjelaskan keistimewaan sifat-sifat Rasulullah Saw.
§ Meneladani sifat-sifat Rasulullah Saw. dalam
beribadah.
§ Meneladani sifat-sifat Rasulullah Saw. dalam
bermuamalah.
|
Tes
tertulis
|
Tes uraian
|
§ jelaskan keistimewaan sifat-sifat Rasulullah Saw.
§ Jelaskanlah cara Meneladani sifat-sifat Rasulullah
Saw. dalam beribadah.
§ Jelaskanlah cara Meneladani sifat-sifat Rasulullah
Saw. dalam bermuamalah.
|
Berilah tanda “cek” ( ü ) yang sesuai
dengan suara hati kamu menanggapi pernyataan-pernyataan yang tersedia !
No.
|
Pernyataan
|
Suara Hati
|
||
Sangat Yakin
|
Yakin
|
Tidak yakin
|
||
Skor 3
|
Skor 2
|
Skor 1
|
||
1
|
Para rasul merupkan
manusia biasa, bukan dari golongan malaikat.
|
|
|
|
2
|
Di akhirat kelak
manusia akan bertemu dengan para rasul
|
|
|
|
3
|
Selama hidupnya rasul
tidak pernah berbohong
|
|
|
|
4
|
Selama hidupnya rasul
tidak pernah beruat kejahatan/kejelekan, termasuk tidak pernah berkata-kata
yang jelek (jorok)
|
|
|
|
5
|
Para rasul juga makan,
minum, dan mempunyai keluarga
|
|
|
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala
Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
VIII/2
|
Standar Kompetensi
|
:
|
12. Membiasakan perilaku
terpuji
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
12.1. Menjelaskan adab
makan dan minum
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat memahami adab makan dan minum melalui dalil naqlinya serta menjelaskan fungsinya dalam kehidupan.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi
Pembelajaran
- Pengertian adab makan dan minum
- Dalil naqli tentang adab makan dan minum
- Tata krama makan dan minum dalam berbagai situasi
- Fungsi adab makan dan minum dalam kehidupan
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya berakhlak mulia.
- Guru membagi siswa menjadi kelompok-kelompok kecil (small group).
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan adab makan dan minum.
2). Elaborasi
- Siswa menelaah lebih dalam mengenai adab makan dan minum dan berdiskusi tentang adab makan minum dalam berbagai situasi.
- Siswa berlatih membaca dalil naqli tentang tawadhu, ta’at, qana’ah dan sabar dengan metode .
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan
Penutup
¨
Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat
atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber
Belajar
·
Buku PAI Kelas
VIII .
·
LKS MGMP PAI SMP
/ MTS
·
Mushaf Al-Quran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Menjelaskan tatacara makan yang benar.
§ Menjelaskan tatacara minum yang benar.
§ Menunjukkan dalil naqli tentang adab makan dan
minum.
|
Tes
tertulis
|
Tes uraian
|
§ Jelasakan pengertian adab makan dan minum!
§ Tulislah dalil naqli tentang adab makan dan minum!
§ Bagaimana tata krama makan ketika di rumah?
§ Bagaimana tata krama makan dan minum saat di jamuan
makan?
§
Jelasakan
fungsi adab makan dan minum dalam kehidupan!
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
VIII/2
|
Standar Kompetensi
|
:
|
12. Membiasakan perilaku
terpuji
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
12.2. Menampilkan contoh
adab makan dan minum
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa mamahami perbedaan makan minum yang baik dan yang kurang baik dan mensimulasikannya.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi
Pembelajaran
- Perbedaan makan minum yang yang baik dan yang kurang baik
- Simulasi tata krama (adab) makan dan minum dalam berbagai situasi
Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab
- Diskusi
- Penugasan
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan simulasi yang harus dilakukan siswa.
2). Elaborasi
- Siswa berdiskusi untuk mencari contoh-contoh kebiasaan makan dan minum yang baik dan yang kurang baik.
3) Konfirmasi
- Siswa mensimulsaikan kegiatan makan dan minum dalam berbagai situasi.
Kegiatan
Penutup
¨
Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat
atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber
Belajar
·
Buku PAI Kelas
VIII .
·
LKS MGMP PAI
SMP/MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Menunjukkan contoh cara makan yang benar dan yang
salah.
§ Menunjukkan contoh cara minum yang benar dan yang
salah
|
Tes
tertulis
|
Tes uraian
|
§
Diskusikan
perbedaan makan minum yang baik (sesuai dengan adab/ajaran Islam) dengan
makan dan minum yang kurang baik
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala Sekolah
:
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
VIII/2
|
Standar Kompetensi
|
:
|
12. Membiasakan perilaku
terpuji
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
12.3. Memperaktekkan adab
makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat bertata krama ketika makan dan minum di rumah, kantin sekolah, di rumah makan, resepsi, atau dalam situasi yang lain.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Sopan & santun
Materi
Pembelajaran
- Pembiasaan diri bertata krama ketika makan dan minum di rumah maupun di kantin sekolah.
- Pembiasaan diri bertata krama ketika makan dan minum di rumah makan, resepsi, atau dalam situasi yang lain.
Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab
- Modeling
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai indahnya makan minum yang beradab.
- Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas yang harus dilakukan siswa.
2). Elaborasi
- Siswa melakukan kegiatan pembiasaan makan danminum dalam berbagai situasi.
- Siswa melaporkan kegiatannya.
3) Konfirmasi
- Siswa menuliskan kesan-kesannya.
Kegiatan
Penutup
¨
Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat
atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber
Belajar
·
Buku PAI Kelas
VIII .
·
LKS MGMP PAI
SMP/MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Mempraktikkan adab makan dan minum dalam kehidupan
sehari-hari di lingkungan keluarga.
§ Mempraktikkan adab makan dan minum dalam kehidupan
sehari-hari di lingkungan sekolah.
§ Mempraktikkan adab makan dan minum dalam kehidupan
sehari-hari di lingkungan masyarakat.
|
Unjuk
kerja
|
Tes simulasi
|
§ Lakukan kegiatan
pembiasaan makan dan minum di rumah, kantin sekolah, di rumah makan, resepsi,
atau dalam situasi yang lain. Buatlah laporan dan tulislah kesan-kesanmu
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala
Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
VIII/2
|
Standar Kompetensi
|
:
|
13. Menghindari Perilaku
tercela
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
13.1. Menjelaskan
pengertian perilaku dendam dan munafik
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat mamahami dendam dan munafik dengan membaca dan mengartikan dalil naqlinya serta memahami akibat buruknya.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Sopan & santun
Materi
Pembelajaran
- Pengertian dendam dan munafik
- Dalil naqli tentang dendam dan munafik
- Akibat buruk dendam dan munafik
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya menghindari akhlak tercela.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan pengertian dendam dan munafik..
2). Elaborasi
- Siswa menelaah lebih dalam mengenai dendam dan munafik.
- Siswa berlatih membaca dalil naqli tentang dendam dan munafik dengan metode .
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan
Penutup
¨
Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat
atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber
Belajar
·
Buku PAI Kelas
VIII .
·
LKS MGMP PAI
SMP/MTS
·
Mushaf Al-Quran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Menjelaskan pengertian dendam dan bahayanya.
§ Menjelaskan pengertian munafik dan bahayanya.
§ Menunjukkan dalil naqli yang terkait dengan dendam.
§ Menunjukkan dalil naqli yang terkait dengan munafik.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
§ Jelasakan pengertian dendam!
§ Jelaskan pengertian munafik!
§ Tulislah dalil naqli tentang dendam!
§ Tulislah dalil naqli tentang munafik!
§ Jelasakan akibat buruk dendam dan munafik!
|
........................., ................
20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala
Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
VIII/2
|
Standar Kompetensi
|
:
|
13. Menghindari perilaku
tercela
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
13.2. Menjelaskan
ciri-ciri pendendam dan munafik
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa memahami ciri-ciri pendendam dan munafik.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi Pembelajaran
- Ciri-ciri pendendam
- Ciri-ciri munafik
Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab
- Diskusi
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas yang harus dilakukan siswa.
2). Elaborasi
- Siswa berdiskusi untuk mencari ciri-ciri dendam dan munafik.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
- Siswa melaporkan hasilnya.
Kegiatan
Penutup
¨
Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat
atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber
Belajar
·
Buku PAI Kelas
VIII .
·
LKS MGMP PAI SMP
/ MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Menjelaskan ciri-ciri pendendam.
§ Menjelaskan ciri-ciri munafik.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
§ Sebutkan ciri-ciri pendendam !
§ Sebutkan ciri-ciri munafik!
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala
Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
VIII/2
|
Standar Kompetensi
|
:
|
13. Menghindari perilaku
tercela
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
13.3. Menghindari perilaku
pendendam dan munafik dalam kehidupan sehari-hari
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat menunjukkan sikap ingin menjauhi perilaku dendam dan munafik serta membiasakan diri menjauhi perilaku dendam dan munafik.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi
Pembelajaran
- Menjauhi perilaku dendam dan munafik
- Pembiasaan diri menjauhi perilaku dendam dan munafik
Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab
- CTL
- Penugasan
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya menghindari perilaku pendendam dan munafik dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas yang harus dilakukan siswa.
2). Elaborasi
- Siswa berdiskusi tentang cara-cara menjauhi dendam dan munafik.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
- Siswa melaporakan hasilnya.
Kegiatan
Penutup
¨
Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat
atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber
Belajar
·
Buku PAI Kelas
VIII .
·
LKS MGMP PAI SMP
/ MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Menghindari
perilaku pendendam dan munafik dalam lingkungan keluarga.
§ Menghindari
perilaku pendendam dan munafik dalam lingkungan sekolah.
§ Menghindari
perilaku pendendam dan munafik dalam lingkungan masyarakat.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
§ Bagaimana cara Menghindari perilaku pendendam dan munafik dalam
lingkungan keluarga.
§ Bagaimana cara Menghindari perilaku pendendam dan munafik dalam
lingkungan sekolah.
§ Bagaimana cara Menghindari perilaku pendendam dan munafik dalam
lingkungan masyarakat.
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala
Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
VIII/2
|
Standar Kompetensi
|
:
|
14. Memahami
hukum Islam tentang hewan sebagai sumber bahan makanan
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
14.1. Menjelaskan jenis-jenis hewan yang halal dan haram
dimakan
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat menjelaskan pengertian, jenis-jenis, binatang halal dan haram melalui dalil naqlinya.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi
Pembelajaran
- Pengertian binatang yang halal dan yang haram.
- Jenis-jenis hewan yang halal dimakan.
- Dalil naqli tentang hewan yang halal dimakan.
- Jenis-jenis hewan yang haram dimakan.
- Dalil naqli tentang hewan yang haram dimakan.
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya memakan makanan halal.
- Guru membagi siswa menjadi kelompok-kelompok kecil (small group).
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan pengertian, jenis-jenis, binatang halal.
2). Elaborasi
- Siswa berlatih membaca dalil naqli tentang binatang halal dengan metode .
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan
Penutup
¨
Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat
atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber
Belajar
·
Buku PAI Kelas
VIII .
·
LKS MGMP PAI SMP
/ MTS
·
Mushaf Al-Quran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Menjelaskan pengertian makanan halal dan haram.
§ Menjelaskan jenis-jenis hewan yang halal dimakan.
§ Menjelaskan jenis-jenis hewan yang haram dimakan.
§ Menunjukkan dalil naqli dan aqli yang terkait dengan
hewan yang halal dan haram dimakan.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
§ Jelasakan pengertian binatang halal!
§ Tulislah dalil naqli tentang binatang halal!
§ Jelasakan pengertian binatang halal!
§ Tulislah dalil naqli tentang binatang halal!
§
Buatlah
klasifikasi binatang yang halal dan yang haram!
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala
Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
VIII/2
|
Standar Kompetensi
|
:
|
14. Memahami
hukum Islam tentang hewan sebagai sumber bahan makanan
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
14.2. Menghindari makanan yang bersumber dari binatang yang
diharamkan
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat menjelaskan manfaat mengkonsumsi binatang yang halal dimakan, mudharat mengkonsumsi binatang yang haram dan menghindari mengkonsumsi makanan dari binatang yang haram..
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely)
Kemanusiaan ( Humanity
)
Materi
Pembelajaran
- Manfaat mengkonsumsi binatang yang halal dimakan.
- Mudharat mengkonsumsi binatang yang haram.
Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab
- Diskusi
- Penugasan
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
pertama
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan simulasi yang harus dilakukan siswa.
2). Elaborasi
- Siswa berdiskusi tentang manfaat mengkonsumsi binatang yang halal dimakan, mudharat mengkonsumsi binatang yang haram.
- Siswa mensimulsaikan cara menolak ketika ditawari makanan dari binatang yang haram.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan
Penutup
¨
Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat
atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber
Belajar
·
Buku PAI Kelas VIII
.
·
LKS MGMP PAI SMP
/ MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Menjauhi makanan yang berasal dari hewan yang haram
dimakan dalam lingkungan keluarga.
§ Menjauhi makanan yang berasal dari hewan yang haram
dimakan di luar lingkungan keluarga.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
§ Diskusikan manfaat
mengkonsumsi binatang yang halal dimakan, mudharat mengkonsumsi binatang yang
haram
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala
Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
VIII/2
|
Standar Kompetensi
|
:
|
15. Memahami sejarah dakwah Islam
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
15.1. Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam
sampai masa Abbasiyah
|
Alokasi Waktu
|
:
|
6
X 40 menit ( 3 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sebelum masa Abbasiyah serta menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Abbasiyah.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi
Pembelajaran
- Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sebelum masa Abbasiyah.
- Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Abbasiyah
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama, Kedua dan Ketiga
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya ilmu pengetahuan.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sebelum masa Abbasiyah.
2). Elaborasi
- Siswa menelaah lebih dalam mengenai sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Abbasiyah.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan
Penutup
¨
Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat
atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber
Belajar
·
Buku PAI Kelas
VIII
·
LKS MGMP PAI SMP
/ MTS
·
Mushaf Al-Quran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan
Islam pada masa Nabi Muhammad Saw.
§ Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan
Islam pada masa Khulafaur Rasyidin.
§ Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan
Islam pada masa Bani Umayyah.
§ Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan
Islam pada masa Bani Abbasiyah.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
§ Ceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan
sebelum masa Abbasiyah!
§ Ceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada
masa Abbasiyah!
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala
Sekolah :
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
VIII/2
|
Standar Kompetensi
|
:
|
15. Memahami sejarah dakwah Islam
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
15.2. Menyebutkan
tokoh ilmuwan muslim dan perannya sampai masa daulah Abbasiyah
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat menyebutkan ilmuwan muslim bidang tauhid fiqih, dan akhlak, kedokteran, fisika, biologi, astronomi, kimia, dan matematika..
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely)
Materi
Pembelajaran
- Ilmuwan bidang tauhid fiqih, dan akhlak.
- Ilmuwan dalam bidang kedokteran, fisika, biologi, astronomi, kimia, dan matematika.
Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab
- Diskusi
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas yang harus dilakukan siswa.
2). Elaborasi
- Siswa berdiskusi untuk mencari dan mengklasifikasi ilmuwan muslim bidang tauhid fiqih, dan akhlak.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
- Siswa melaporkan hasilnya.
Kegiatan
Penutup
¨
Guru bersama
siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat
atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber
Belajar
·
Buku PAI Kelas
VIII .
·
LKS MGMP PAI
SMP/MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Menyebutkan para ilmuwan Muslim dan peran mereka
pada masa Bani Umayyah.
§ Menyebutkan para ilmuwan Muslim dan peran mereka
pada masa Bani Abbasiyah.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
§ Sebutkan ilmuwan muslim bidang tauhid fiqih!
§ Sebutkan ilmuwan muslim bidang akhlak!
§ Sebutkan ilmuwan muslim bidang kedokteran!
§ Sebutkan ilmuwan muslim bidang fisika!
§ Sebutkan ilmuwan muslim bidang matematika!
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala
Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar