Minggu, 10 Juni 2012

RPP PAI KELAS VIII SEMESTER 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
SMP Negeri 2 Sekadau Hilir
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
VIII/2
Standar Kompetensi
:
10. Menerapkan Hukum Bacaan Mad Dan Waqaf
Kompetensi Dasar
:
10.1. Menjelaskan Hukum Bacaan Mad Dan Waqaf
Alokasi Waktu           
:
4  X  40 Menit ( 2 Pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat memahami pengertian dan pembagian mad, menjelaskan pengertian waqaf, membedakan bacaan waqaf dengan washal serta menyebutkan pembagian waqaf.

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( Lovely )
Kemanusiaan ( Humanity )
Materi Pembelajaran   
  • Pengertian mad
  • Pembagian mad
  • Pengertian waqaf
  • Perbedaan bacaan waqaf dengan washal
  • Pembagian waqaf

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Kegiatan Pendahuluan
  • Guru bertanya mengenai ilmu tajwid.
  • Guru memotivasi siswa mengenai keutamaan belajar ilmu tajwid dan manfaatnya.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru memahami pengertian dan pembagian mad, menjelaskan pengertian waqaf, membedakan bacaan waqaf dengan washal serta menyebutkan pembagian waqaf
2). Elaborasi
·         Guru menjelaskan ketentuan-ketentuan bacaan mad serta pembagiannya.
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan )

Kegiatan Penutup
·         Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Pertemuan Kedua
Kegiatan Pendahuluan
  • Guru bertanya mengenai ilmu tajwid.
  • Guru memotivasi siswa mengenai keutamaan belajar ilmu tajwid dan manfaatnya.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
·         Guru menjelaskan ketentuan waqaf, pembagian, serta tanda-tandanya.
2). Elaborasi
·         Guru menjelaskan perbedaan waqaf dengan washal.
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan )

Kegiatan Penutup
·         Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas VIII
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS
·        Mushaf Al-Quran

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
§  Menjelaskan pengertian hukum bacaan Mad.
§  Menjelaskan macam-macam hukum bacaan mad dan contoh-contohnya.
§  Menjelaskan pengertian hukum bacaan waqaf dan washal.
§  Menjelaskan macam-macam hukum bacaan waqaf dan contoh-contohnya.
Tes tertulis

Tes uraian

§  Jelaskan pengertian hukum bacaan Mad!
§  Sebutkan macam-macam mad!
§  Jelasakan pengertian waqaf!
§  Apakah perbedaan antara waqaf dengan washal?
§  Sebutkan tanda-tanda waqaf!
§  Diantara bacaan di bawah ini yang termasuk bacaan mad jaiz munfashil adalah:
    a. حُنَفَآءَ
    b. فِيْۤ أَحْسَنِ تَقْوِيَمٍ
    c. وَلاَ تَحَآضُّوْنَ
    d. بِأَصْحَابِ الْفِيْلِ


........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah


_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP               


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
VIII/2
Standar Kompetensi
:
10. Menerapkan hukum bacaan mad dan waqaf
Kompetensi Dasar
:
10.2. Menunjukkan contoh hukum bacaan mad dan waqaf dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an
Alokasi Waktu           
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)

Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat memahami cara-cara membaca  mad dan ketentuan tanda-tanda waqaf.

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( Lovely )
Kemanusiaan ( Humanity )
Materi Pembelajaran   
  • Cara-cara membaca  mad
  • Tanda-tanda waqaf
  • Ketentuan tanda-tanda waqaf

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Demonstrasi
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru memotivasi siswa mengenai hukum bacaan mad dan waqaf dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
·         Guru memaparkan dan mendemonstrasikan cara-cara mebaca mad, siswa menyimak dan menirukan.
2). Elaborasi
·         Siswa mencari, menemukan, dan mencocokkan tanda-tanda waqaf dengan tanda waqaf yang ada di mushaf al-Qur’an.
·         Siswa menelaah keentuan masing-masing tanda waqaf.
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan )

Kegiatan Penutup
1.      Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar mengajar hari ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas VIII .
·        LKS MGMP PAIPAI SMP / MTS
·        Mushaf Al-Quran
·        VCD pembelajaran

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
§  Menunjukkan beberapa contoh hukum bacaan mad dalam QS. al-Fatihah dan QS. al-Kafirun.
§  Menunjukkan beberapa contoh hukum bacaan waqaf dalam QS. al-Fatihah dan QS. al-Ikhlash.
Tes tertulis

Tes isian

§  Cara membaca mad thabi’i adalah dibaca panjang .... alif
§  Cara membaca mad wajib muttashil adalah dibaca panjang .... alif
§  Cara membaca mad jaiz munfasil adalah dibaca panjang .... alif
§  ج  adalah tanda waqaf....
§  Tanda waqaf lazim adalah ....

........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP               

Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
VIII/2
Standar Kompetensi
:
10. Menerapkan hukum bacaan mad dan waqaf
Kompetensi Dasar
:
10.3. Mempraktikkan bacaan mad dan waqaf dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an
Alokasi Waktu           
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat mempraktekkan bacaan mad dan waqaf dalam ayat-ayat pilihan.

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

Materi Pembelajaran   
  • Bacaan mad dalam ayat-ayat pilihan
  • Bacaan waqaf dalam ayat-ayat pilihan

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Demonstrasi
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi .
  • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
·         Guru menyajikan ayat-ayat pilihan yang banyak mengandung bacaan mad dan waqaf.
2). Elaborasi
·         Siswa berlatih membaca ayat-ayat tersebut dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan .
·         Guru bertindak sebagai fasilitator.
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan )

Kegiatan Penutup
·         Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas VIII .
·        LKS MGMP PAIPAI SMP / MTS
·        Mushaf Al-Quran
·        VCD pembelajaran

Penilaian                      
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
§  Mempraktikkan cara membaca bacaan mad.
§  Mempraktikkan cara membaca bacaan yang diwaqafkan dan yang diwashalkan.
§  Mempraktikkan bacaan Mad dan Waqaf dalam ayat-ayat QS. al-Baqarah.
Tes unjuk kerja

Tes identifikasi

§  praktikkan cara membaca bacaan mad.
§  praktikkan cara membaca bacaan yang diwaqafkan dan yang diwashalkan.
§  praktikkan bacaan Mad dan Waqaf dalam ayat-ayat QS. al-Baqarah.

Instrumen Soal :

Bacalah ayat berikut ini dengan memperhatikan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati !


 










Rubrik/pedoman penilaian :
Aspek yg dinilai
Indikator kemampuan
Nilai
·  Kelancaran
·  Bacaan mad dan waqaf
·  Makhraj
·   Membaca dengan lancar
·   Tidak melakukan kesalahan bacaan mad dan waqaf serta makhrajnya
100
·   Membaca dengan lancar
·   Melakukan 1-2 kesalahan bacaan mad dan waqaf  serta makhrajnya
90
·   Melakukan 3-4 kesalahan bacaan mad dan waqaf serta makhrajnya
80
·   Melakukan 5-6 kesalahan bacaan mad dan waqaf  serta makhrajnya
70
·   Melakukan 7-8 kesalahan bacaan mad dan waqaf  serta makhrajnya
60
·   Melakukan  lebih dari 8 kesalahan bacaan mad dan waqaf  serta makhrajnya
50


........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah


_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP               

Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
VIII/2
Standar Kompetensi
:
11. Meningkatkan keimanan kepada Rasul Allah
Kompetensi Dasar
:
11.1. Menjelaskan pengertian beriman kepada Rasul Allah
Alokasi Waktu           
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat mengimani Rasul Allah SWT, menjelasakan tugas-tugasnya, serta membaca dalil naqlinya.

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( Lovely )
Kemanusiaan ( Humanity )

Materi Pembelajaran   
  • Pengertian iman kepada Rasul Allah SWT
  • Dalil naqli tentang rasul-rasul Allah SWT
  • Tugas para rasul

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya memahami im,an kepada rasul.
  • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group).

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan pengertian iman kepada rasul beserta menceritakan betapa mulia tugas para rasul serta beratnya ujian yang dihadapi oleh para rasul dalam menghadapi umatnya.
2). Elaborasi
  • Siswa berlatih membaca dalil naqli mengenai para rasul dengan metode .
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan )
  • Siswa menelaah lebih mendalam mengenai tugas para rasul serta membuat kesimpulan.

Kegiatan Penutup
¨       Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas VIII .
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
§  Menjelaskan pengertian nabi dan rasul.
§  Menjelaskan pengertian iman kepada Rasul Allah.
§  Menyebutkan dalil naqli dan aqli terkait dengan iman kepada Rasul Allah.
Tes tertulis
Tes uraian

§  Jelaskan pengertian iman kepada para rasul!
§  Ceritakan kisah perjuangan salah seorang rasul rasul!
§  Jelasakan tugas para rasul!
§  Tulislah dalil naqli tentang rasul Allah!
§  Tulislah kesan kamu terhadap perjuangan para rasul!


........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP               


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
VIII/2
Standar Kompetensi
:
11. Meningkatkan keimanan kepada Rasul Allah
Kompetensi Dasar
:
11.2. Menyebutkan nama dan sifat-sifat Rasul Allah
Alokasi Waktu           
:
1  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat menyebutkan nama-nama rasul Allah, memahami sifat-sifatnya, memahami rasul ulul azmi beserta sifat rasul ulul azmi.

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( Lovely )
Materi Pembelajaran   
  • Nama-nama rasul Allah SWT
  • Sifat-sifat rasul
  • Arti sifat-sifat rasul
  • Rasul ulul azmi
  • Nama-nama rasul ulul azmi
  • Sifat rasul ulul azmi

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Diskusi
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Aprsepsi
  • Guru memotivasi siswa mengenai nama-nama rasul Allah, memahami sifat-sifatnya, memahami rasul ulul azmi beserta sifat rasul ulul azmi.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru memberikan penjelasan mengenai nama-nama rasul Allah, sifat-sifatnya, rasul ulul azmi beserta sifat rasul ulul azmi.
2). Elaborasi
  • Siswa menyimak, bertanya, serta menyimpulkannya.
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan )

Kegiatan Penutup
  • Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas VIII .
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
§  Menyebutkan nama-nama Nabi dan Rasul Allah.
§  Menyebutkan sifat-sifat Nabi dan Rasul Allah.
§  Menyebutkan para Nabi yang termasuk Ulul Azmi dan menjelaskan keistimewaannya.
Tes tertulis
Tes uraian

·     Sebutkan nama-nama rasul Allah SWT !
·     Jelaskan sifat-sifat rasul!
·     Tulislah arti sifat-sifat rasul!
·     Jelaskan yang dimaksud dengan Rasul ulul azmi!
·     Sebutkan nama-nama rasul ulul azmi!
·     Jelasakan sifat rasul ulul azmi!


........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah


_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP               


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
VIII/2
Standar Kompetensi
:
11. Meningkatkan keimanan kepada Rasul Allah
Kompetensi Dasar
:
11.3. Meneladani sifat-sifat Rasulullah SAW
Alokasi Waktu           
:
1  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat meneladani sifat-sifat para rasul dengan membiasakan diri berperilaku seperti sifat para rasul.

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( Lovely )
Materi Pembelajaran   
  • Cara meneladani sifat-sifat para rasul (siddiq, amanah, tabligh, fathonah)
  • Cara meneladani sifat rasul ulul azmi
  • Pembiasaan diri berperilaku seperti sifat para rasul
  • Kesabaran para rasul ulul azmi

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Diskusi
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Aprsepsi
  • Guru memotivasi siswa mengenai Cara meneladani sifat-sifat para rasul dengan membiasakan diri berperilaku seperti sifat para rasul.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru memberikan penjelasan mengenai Cara meneladani sifat-sifat para rasul (siddiq, amanah, tabligh, fathonah).
2). Elaborasi
  • Siswa berdiskusi mengenai aktualisasi cara meneladani sifat para rasul (siddiq, amanah, tabligh, fathonah.
  • Siswa melakukan kegiatan pembiasaan menladani sifat-sifat para rasul.
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan )

Kegiatan Penutup
  • Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas VIII .
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS
Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
§  Menjelaskan keistimewaan sifat-sifat Rasulullah Saw.
§  Meneladani sifat-sifat Rasulullah Saw. dalam beribadah.
§  Meneladani sifat-sifat Rasulullah Saw. dalam bermuamalah.
Tes tertulis
Tes uraian

§  jelaskan keistimewaan sifat-sifat Rasulullah Saw.
§  Jelaskanlah cara Meneladani sifat-sifat Rasulullah Saw. dalam beribadah.
§  Jelaskanlah cara Meneladani sifat-sifat Rasulullah Saw. dalam bermuamalah.

Berilah tanda “cek” (  ü  ) yang sesuai dengan suara hati kamu menanggapi pernyataan-pernyataan yang tersedia !

No.

Pernyataan
Suara Hati
Sangat Yakin
Yakin
Tidak yakin
Skor 3
Skor 2
Skor 1
1
Para rasul merupkan manusia biasa, bukan dari golongan malaikat.



2
Di akhirat kelak manusia akan bertemu dengan para rasul



3
Selama hidupnya rasul tidak pernah berbohong



4
Selama hidupnya rasul tidak pernah beruat kejahatan/kejelekan, termasuk tidak pernah berkata-kata yang jelek (jorok)



5
Para rasul juga makan, minum, dan mempunyai keluarga




........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP               


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
                                            

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
VIII/2
Standar Kompetensi
:
12. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar
:
12.1. Menjelaskan adab makan dan minum
Alokasi Waktu           
:
1  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat memahami adab makan dan minum melalui dalil naqlinya serta menjelaskan fungsinya dalam kehidupan.

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

Materi Pembelajaran   
  • Pengertian adab makan dan minum
  • Dalil naqli tentang adab makan dan minum
  • Tata krama makan dan minum dalam berbagai situasi
  • Fungsi adab makan dan minum dalam kehidupan

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya berakhlak mulia.
  • Guru membagi siswa menjadi kelompok-kelompok kecil (small group).

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan adab makan dan minum.
2). Elaborasi
  • Siswa menelaah lebih dalam mengenai adab makan dan minum dan berdiskusi tentang adab makan minum dalam berbagai situasi.
  • Siswa berlatih membaca dalil naqli tentang tawadhu, ta’at, qana’ah dan sabar dengan metode .
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan )

Kegiatan Penutup
¨       Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas VIII .
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS
·        Mushaf Al-Quran

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
§  Menjelaskan tatacara makan yang benar.
§  Menjelaskan tatacara minum yang benar.
§  Menunjukkan dalil naqli tentang adab makan dan minum.
Tes tertulis
Tes uraian

§  Jelasakan pengertian adab makan dan minum!
§  Tulislah dalil naqli tentang adab makan dan minum!
§  Bagaimana tata krama makan ketika di rumah?
§  Bagaimana tata krama makan dan minum saat di jamuan makan?
§  Jelasakan fungsi adab makan dan minum dalam kehidupan!


........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah


_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP                



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
VIII/2
Standar Kompetensi
:
12. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar
:
12.2. Menampilkan contoh adab makan dan minum
Alokasi Waktu           
:
1  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa mamahami perbedaan makan minum yang baik dan yang kurang baik dan mensimulasikannya.

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

Materi Pembelajaran   
  • Perbedaan makan minum yang yang baik dan yang kurang baik
  • Simulasi tata krama (adab) makan dan minum dalam berbagai situasi

Metode Pembelajaran 
  • Tanya jawab
  • Diskusi
  • Penugasan
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan simulasi yang harus dilakukan siswa.
2). Elaborasi
  • Siswa berdiskusi untuk mencari contoh-contoh kebiasaan makan dan minum yang baik dan yang kurang baik.
3) Konfirmasi
  • Siswa mensimulsaikan kegiatan makan dan minum dalam berbagai situasi.

Kegiatan Penutup
¨       Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas VIII .
·        LKS MGMP PAI SMP/MTS

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
§  Menunjukkan contoh cara makan yang benar dan yang salah.
§  Menunjukkan contoh cara minum yang benar dan yang salah
Tes tertulis
Tes uraian

§  Diskusikan perbedaan makan minum yang baik (sesuai dengan adab/ajaran Islam) dengan makan dan minum yang kurang baik


........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah


_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP               


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
VIII/2
Standar Kompetensi
:
12. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar
:
12.3. Memperaktekkan adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari
Alokasi Waktu           
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat bertata krama ketika makan dan minum di rumah, kantin sekolah, di rumah makan, resepsi, atau dalam situasi yang lain.

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Sopan & santun

Materi Pembelajaran   
  • Pembiasaan diri bertata krama ketika makan dan minum di rumah maupun di kantin sekolah.
  • Pembiasaan diri bertata krama ketika makan dan minum di rumah makan, resepsi, atau dalam situasi yang lain.

Metode Pembelajaran 
  • Tanya jawab
  • Modeling
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru memotivasi siswa mengenai indahnya makan minum yang beradab.
  • Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas yang harus dilakukan siswa.
2). Elaborasi
  • Siswa melakukan kegiatan pembiasaan makan danminum dalam berbagai situasi.
  • Siswa melaporkan kegiatannya.
3) Konfirmasi
  • Siswa menuliskan kesan-kesannya.

Kegiatan Penutup
¨       Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas VIII .
·        LKS MGMP PAI SMP/MTS

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
§  Mempraktikkan adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga.
§  Mempraktikkan adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah.
§  Mempraktikkan adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat.
Unjuk kerja
Tes simulasi

§  Lakukan kegiatan pembiasaan makan dan minum di rumah, kantin sekolah, di rumah makan, resepsi, atau dalam situasi yang lain. Buatlah laporan dan tulislah kesan-kesanmu


........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah


_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP               


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
VIII/2
Standar Kompetensi
:
13. Menghindari Perilaku tercela
Kompetensi Dasar
:
13.1. Menjelaskan pengertian perilaku dendam dan munafik
Alokasi Waktu           
:
1  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat mamahami dendam dan munafik dengan membaca dan mengartikan dalil naqlinya serta memahami akibat buruknya.

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Sopan & santun
Materi Pembelajaran   
  • Pengertian dendam dan munafik
  • Dalil naqli tentang dendam dan munafik
  • Akibat buruk dendam dan munafik

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya menghindari akhlak tercela.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan pengertian dendam dan munafik..
2). Elaborasi
  • Siswa menelaah lebih dalam mengenai dendam dan munafik.
  • Siswa berlatih membaca dalil naqli tentang dendam dan munafik dengan metode .
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan )

Kegiatan Penutup
¨       Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas VIII .
·        LKS MGMP PAI SMP/MTS
·        Mushaf Al-Quran

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
§  Menjelaskan pengertian dendam dan bahayanya.
§  Menjelaskan pengertian munafik dan bahayanya.
§  Menunjukkan dalil naqli yang terkait dengan dendam.
§  Menunjukkan dalil naqli yang terkait dengan munafik.
Tes tertulis

Tes uraian

§  Jelasakan pengertian dendam!
§  Jelaskan pengertian munafik!
§  Tulislah dalil naqli tentang dendam!
§  Tulislah dalil naqli tentang munafik!
§  Jelasakan akibat buruk dendam dan munafik!

........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah


_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP               


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
VIII/2
Standar Kompetensi
:
13. Menghindari perilaku tercela
Kompetensi Dasar
:
13.2. Menjelaskan ciri-ciri pendendam dan munafik
Alokasi Waktu           
:
1  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa memahami ciri-ciri pendendam dan munafik.

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

Materi Pembelajaran   
  • Ciri-ciri pendendam
  • Ciri-ciri munafik

Metode Pembelajaran 
  • Tanya jawab
  • Diskusi
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas yang harus dilakukan siswa.
2). Elaborasi
  • Siswa berdiskusi untuk mencari ciri-ciri dendam dan munafik.
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan )
  • Siswa melaporkan hasilnya.

Kegiatan Penutup
¨       Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas VIII .
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
§  Menjelaskan ciri-ciri pendendam.
§  Menjelaskan ciri-ciri munafik.
Tes tertulis

Tes uraian

§  Sebutkan ciri-ciri pendendam !
§  Sebutkan ciri-ciri munafik!

........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah


_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP                


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
VIII/2
Standar Kompetensi
:
13. Menghindari perilaku tercela
Kompetensi Dasar
:
13.3. Menghindari perilaku pendendam dan munafik dalam kehidupan sehari-hari
Alokasi Waktu           
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat menunjukkan sikap ingin menjauhi perilaku dendam dan munafik serta membiasakan diri menjauhi perilaku dendam dan munafik.

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

Materi Pembelajaran   
  • Menjauhi perilaku dendam dan munafik
  • Pembiasaan diri menjauhi perilaku dendam dan munafik

Metode Pembelajaran 
  • Tanya jawab
  • CTL
  • Penugasan

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya menghindari perilaku pendendam dan munafik dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas yang harus dilakukan siswa.
2). Elaborasi
  • Siswa berdiskusi tentang cara-cara menjauhi dendam dan munafik.
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan )
  • Siswa melaporakan hasilnya.

Kegiatan Penutup
¨       Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas VIII .
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
§  Menghindari  perilaku pendendam dan munafik dalam lingkungan keluarga.
§  Menghindari  perilaku pendendam dan munafik dalam lingkungan sekolah.
§  Menghindari  perilaku pendendam dan munafik dalam lingkungan masyarakat.
Tes tertulis

Tes uraian

§  Bagaimana cara Menghindari  perilaku pendendam dan munafik dalam lingkungan keluarga.
§  Bagaimana cara Menghindari  perilaku pendendam dan munafik dalam lingkungan sekolah.
§  Bagaimana cara Menghindari  perilaku pendendam dan munafik dalam lingkungan masyarakat.


........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah


_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP               


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
VIII/2
Standar Kompetensi
:
14. Memahami hukum Islam tentang hewan sebagai sumber bahan makanan
Kompetensi Dasar
:
14.1. Menjelaskan jenis-jenis hewan yang halal dan haram dimakan
Alokasi Waktu           
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat menjelaskan pengertian, jenis-jenis, binatang halal dan haram melalui dalil naqlinya.

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

Materi Pembelajaran   
  • Pengertian binatang yang halal dan yang haram.
  • Jenis-jenis hewan yang halal dimakan.
  • Dalil naqli tentang hewan yang halal dimakan.
  • Jenis-jenis hewan yang haram dimakan.
  • Dalil naqli tentang hewan yang haram dimakan.

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya memakan makanan halal.
  • Guru membagi siswa menjadi kelompok-kelompok kecil (small group).

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan pengertian, jenis-jenis, binatang halal.
2). Elaborasi
  • Siswa berlatih membaca dalil naqli tentang binatang halal dengan metode .
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan )

Kegiatan Penutup
¨       Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas VIII .
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS
·        Mushaf Al-Quran

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
§  Menjelaskan pengertian makanan halal dan haram.
§  Menjelaskan jenis-jenis hewan yang halal dimakan.
§  Menjelaskan jenis-jenis hewan yang haram dimakan.
§  Menunjukkan dalil naqli dan aqli yang terkait dengan hewan yang halal dan haram dimakan.
Tes tertulis

Tes uraian

§  Jelasakan pengertian binatang halal!
§  Tulislah dalil naqli tentang binatang halal!
§  Jelasakan pengertian binatang halal!
§  Tulislah dalil naqli tentang binatang halal!
§  Buatlah klasifikasi binatang yang halal dan yang haram!

........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah


_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP               


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
VIII/2
Standar Kompetensi
:
14. Memahami hukum Islam tentang hewan sebagai sumber bahan makanan
Kompetensi Dasar
:
14.2. Menghindari makanan yang bersumber dari binatang yang diharamkan
Alokasi Waktu           
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat menjelaskan manfaat mengkonsumsi binatang yang halal dimakan, mudharat mengkonsumsi binatang yang haram dan menghindari mengkonsumsi makanan dari binatang yang haram..

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( Lovely)
Kemanusiaan ( Humanity )

Materi Pembelajaran   
  • Manfaat mengkonsumsi binatang yang halal dimakan.
  • Mudharat mengkonsumsi binatang yang haram.

Metode Pembelajaran 
  • Tanya jawab
  • Diskusi
  • Penugasan
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan simulasi yang harus dilakukan siswa.
2). Elaborasi
  • Siswa berdiskusi tentang manfaat mengkonsumsi binatang yang halal dimakan, mudharat mengkonsumsi binatang yang haram.
  • Siswa mensimulsaikan cara menolak ketika ditawari makanan dari binatang yang haram.

3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan )
Kegiatan Penutup
¨       Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas VIII .
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
§  Menjauhi makanan yang berasal dari hewan yang haram dimakan dalam lingkungan keluarga.
§  Menjauhi makanan yang berasal dari hewan yang haram dimakan di luar lingkungan keluarga.
Tes tertulis

Tes uraian

§  Diskusikan manfaat mengkonsumsi binatang yang halal dimakan, mudharat mengkonsumsi binatang yang haram

........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah                                                                               


_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP               

Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................


 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
VIII/2
Standar Kompetensi
:
15. Memahami sejarah dakwah Islam
Kompetensi Dasar
:
15.1. Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam sampai masa Abbasiyah
Alokasi Waktu           
:
6  X  40 menit ( 3 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sebelum masa Abbasiyah serta menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Abbasiyah.

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

Materi Pembelajaran   
  • Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sebelum masa Abbasiyah.
  • Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Abbasiyah

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama, Kedua dan Ketiga
Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya ilmu pengetahuan.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sebelum masa Abbasiyah.
2). Elaborasi
  • Siswa menelaah lebih dalam mengenai sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Abbasiyah.
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan )
Kegiatan Penutup
¨       Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas VIII
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS
·        Mushaf Al-Quran
Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
§  Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam pada masa Nabi Muhammad Saw.
§  Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam pada masa Khulafaur Rasyidin.
§  Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam pada masa Bani Umayyah.
§  Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam pada masa Bani Abbasiyah.
Tes tertulis

Tes uraian

§  Ceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sebelum masa Abbasiyah!
§  Ceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Abbasiyah!

........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah


_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP               

Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
VIII/2
Standar Kompetensi
:
15. Memahami sejarah dakwah Islam
Kompetensi Dasar
:
15.2. Menyebutkan tokoh ilmuwan muslim dan perannya sampai masa daulah Abbasiyah
Alokasi Waktu           
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat menyebutkan ilmuwan muslim bidang tauhid fiqih, dan akhlak, kedokteran, fisika, biologi, astronomi, kimia, dan matematika..

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( Lovely)

Materi Pembelajaran   
  • Ilmuwan bidang tauhid fiqih, dan akhlak.
  • Ilmuwan dalam bidang kedokteran, fisika, biologi, astronomi, kimia, dan matematika.

Metode Pembelajaran 
  • Tanya jawab
  • Diskusi
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas yang harus dilakukan siswa.
2). Elaborasi
  • Siswa berdiskusi untuk mencari dan mengklasifikasi ilmuwan muslim bidang tauhid fiqih, dan akhlak.
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan )
  • Siswa melaporkan hasilnya.

Kegiatan Penutup
¨       Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar            
·        Buku PAI Kelas VIII   .
·        LKS MGMP PAI SMP/MTS

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
§  Menyebutkan para ilmuwan Muslim dan peran mereka pada masa Bani Umayyah.
§  Menyebutkan para ilmuwan Muslim dan peran mereka pada masa Bani Abbasiyah.
Tes tertulis

Tes uraian

§  Sebutkan ilmuwan muslim bidang tauhid fiqih!
§  Sebutkan ilmuwan muslim bidang akhlak!
§  Sebutkan ilmuwan muslim bidang kedokteran!
§  Sebutkan ilmuwan muslim bidang fisika!
§  Sebutkan ilmuwan muslim bidang matematika!


........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP               


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................


Poskan Komentar